Jumat, 09 Januari 2015

PROFIL DESA TEMPAT TUGASKU YANG BARU

          Desa Muara Batang Empu Kecamatan Karang Jaya,Kabupaten Musi Rawas saat aku mulai bekerja,berpenduduk +/- 1.050 Jiwa,dengan jumlah KK 260 an. Mayoritas penduduk bekerja sebagai Pekebun Karet. Target Persalinan pertahun 24-26 persalinan, atau rata2 dua persalinan perbulan. Jumlah Balita +/- 100.
          Dengan jumlah penduduk yg kecil memudahkan untuk memantau keadaan kesehatan Bumil dan Balita.
Pencapaian K1 dan K4 sudah diatas 90 %.Hanya persalinan Nakes saja yg masih rendah,hanya 50 an %.
          Hal ini dikarenakan saat saya mulai bekerja di desa ini,memang sudah terdapat beberapa orang dukun bayi,dan tidak mungkin mereka dihilangkan begitu saja. Apalagi para dukun bayi termasuk orang yg disegani,dan telah banyak jasanya kepada ibu2 di desa ini. Namun demikian tetap terjadi kemitraaan antara saya dan dukun bayi. Semua dukun bayi sudah pernah diikutkan pelatihan dukun bayi di Puskesmas Kecamatan.
          Selama saya bertugas didesa ini, pernah mengalami dua kali menangani persalinan dengan Kematian Ibu. Namun kematian mereka adalah Post Operasi Cesar di Rumah Sakit. Secara prosedural , saya merasa langkah2 saya sudah tepat. Mereka saya dampingi saat merujuk ke kota, walaupun ketika itu aku harus meninggalkan si kecilku dirumah yg saat itu baru berusia 4 bulan selama lebih dari 6 jam hanya diasuh suamiku.
         Ibu bersalin yang meninggal itu hanya satu yg berasal dari desa wilayah kerjaku , sementara yg satu lagi bulin dari desa tetangga yang kebetulan juga menjadi tanggung jawabku, dikerenakan desa itu tidak terdapat bidan ( Bidan lama pindah ).
         

                                                           Desa Muara Batang Empu

Kata kata bijak :
" Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya".
Amsal 14 :16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar