Sabtu, 10 Januari 2015

POLINDES

           Polindes, atau kepanjangan dari pondok bersalin desa, adalah salah satu bentuk partisipasi atau peran serta masyarakat dalam menyediakan tempat pertolongan persalinan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk KB yang mana tempat dan lokasinya berada di desa.
          Jika mengacu pada definisi Polindes diatas,maka kewajiban untuk menyediakan tempat/pondok bersalin desa adalah tanggung jawab warga desa.Terus terang sebagai Bidan Desa saya kurang mengetahui hal ini.Kalau sekedar tempat,mungkin desa bisa saja menyediakan.Yang terkadang sulit adalah memenuhi syarat-syarat Polindes.Seperti harus ada sumur,MCK,Penerangan,Akses yg mudah.Apalagi di pedesaan.Saya sudah pindah di dua desa,nggak ada yg memnuhi syarat.Padahal bangunan Polindes bukan hasil partisipasi masyarakat tetapi bangunan pemerintah.Terkadang timbul masalah juga dikemudian hari,bangunan polindes ada tetapi Bidan Desa telah membuat rumah sendiri,akhirnya bagunan tersebut terbengkalai.



Tampak belakang polindes

            Saya sendiri menempati bangunan Puskesmas Pembantu..Dahulunya Puskesmas Pembantu maupun Bangunan Polindes tidak ada petugasnya.Jadi saya memutuskan untuk menempati Pustu saja,karena bagunanannya masih baru serta memiliki pagar,tetapi ternyata nggak ada sumur.Terali Pintu nggak ada.Terpaksa saya bikin sendiri sumur serta terali pintu.Lumayan juga biayanya,apalagi sumur saya harus di pasang bata dari dasar,karena kontur tanah berpasir.Kalau tidak dipasang bata pasti longsor.
           Di era tahun 90 an,saya pernah dengar ada bantuan dana sewa rumah dari pemerintah,tapi nampaknya hanya bertahan beberapa tahun saja.Saya kira program ini cukup baik,terutama bagi mereka yg tidak memiliki bangunan polindes,atau numpang di rumah warga…

Kata kata bijak :
Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya
Amsal 11.2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar