Jumat, 09 Januari 2015

MULAI BERTUGAS DI DESA

      Setelah lulus Program Pendidikan Bidan Dep Kes tahun 1998, maka sayapun harus mengikuti program Bidan PTT sebagai bentuk pengabdian kepada negara dikarenakan hampir semua biaya pendidikan di tanggung negara. Puji Tuhan tidak disangka saya lulus 3 besar.
     Tibalah saat dimana saya harus menentukan desa mana yang harus dipilih.Terjadi sedikit keributan kecil saat menentukan lokasi desa tempat tugas.Akhirnya diputuskan bahwa penempatan  Bidan Di Desa melalui undian.Beberapa desa pilihan saya tahu,tetapi banyak lokasi desa lain yg saya tidak tahu.Mayoritas desa yg menjadi tujuan adalah desa terpencil.
    Apa boleh buat  setelah diundi saya mendapatkan tugas di Desa Tanjung Agung,Kecamatan Karang Jaya,Kabupaten Musi Rawas waktu itu.Walaupun saya warga Musi Rawas tetapi yg namanya desa Tanjung Agung masih blank....
Untung sepupu saya ada yg menjadi guru didekat situ,dengan meminta bantuan sepupu akhirnya saya berangkat munuju desa itu.
       Ternyata Jarak desa Tanjung Agung dan tempat domisili saya cukup jauh hampir 60 KM.Desa Tanjung Agung termasuk daerah terpencil dan tertinggal tetapi dengan kepadatan cukup tinggi.Jumlah penduduk +/- 3000 jiwa lebih dengan konsentrasi perumahan menempati wilayah +/- 1 KM2.
     Bangunan Polindes ada tetapi setelah saya cek ternyata tidak ada sumur/air apalagi Listrik termasuk sinyal HP..wkwkwkwkwk. Bangunan Polindes juga terletak di belakang rumah penduduk,di pinggiran desa.
       Akhirnya saya dititipkan di rumah warga, yg kebetulan juga masih kenalan sepupu saya. Inilah awal perjuangan saya bertugas menjadi seorang Bidan Desa.
        Apa yang bisa dilakukan di polindes jika tidak ada listrik, tidak ada air, tidak ada wc ? Bisakah melakukan pertolongan persalinan di fasilitas kesehatan dengan situasi seperti ini ?
     Haruskah saya berlari dari tugas dan tanggung jawab ini ? Disinilah diuji kemampuan/ketangguhan seorang Bidan Desa.





Ds Tanjung Agung,kab Musi Rawas,sekarang Kab Muratara dimana 17 tahun lalu aku pernah disini,
saat ini sudah dialiri listrik serta telah memiliki BTS 

Kata Kata Bijak :
  " Mahkota orang bijak adalah kepintarannya; tajuk orang bebal adalah kebodohannya." AMSAL 14 : 24

" Orang yang tak berpengalaman percaya kepada setiap perkataan, tetapi orang yang bijak memperhatikan langkahnya." Amsal 14:15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar