Kamis, 09 Februari 2017

Penggantian Aki Honda Spacy



Post by Hotman Silitonga



           Pagi ini ketika si kecilku mo berangkat sekolah,tiba-tiba si Bongsor/Honda Spacy milikku nggak bisa di starter.Padahal semalam masih bisa distarter.Tapi Fiiling ku berkata,kayaknya Aki motor ini sudah minta diganti.Usia motor ini 28 bulan dari baru,dan belum pernah ganti aki.
          Dengan PD ku buka jok,dan ku cari Akinya.Lho…kok nggak ada.Diumpetin dimana sih Akinya.
Buka cover mesin,dicari,kok nggak ada juga akinya.Untuk sesat aku cuma bisa PLONGA PLONGO…👎😇
Setelah ditelusuri perkabelannya,ditemukan,ternyata akinya diletakkan di belakang cover Plat Nomor bagian depan atau di bawah headlamp/lampu depan.
          Selama ini setahu saya aki motor selalu posisinya di bawah jok.Buka baut tutup cover bagian depan yang menyatu di bagian atas sayap motor.Baut ini ada 2 buah.Kemudian baut dibawah cover 1 buah.
Cabut cover depan beserta plat nomernya.



Langsung terlihat tuh aki.Sebenarnya cukup simple juga sih,,pengerjaannya bisa sambil berdiri saja.Lepaskan baut pengikat aki serta baut aki,,cabut dan  ganti baru.Pasang tutup cover,hidupkan kunci kontak,lihat lampu indicator motor,jika hidup langsung start setelah handle rem di tarik.
          Bisa dimengerti mengapa pabrikan meletakkan Aki pada bagian depan motor.Honda Spacy termasuk motor yang sangat luas bagasinya.Helm in…Helm masuk dalam bagasi,serta kapasitas tangki nya sebesar 5,5 liter.Karena sering jalan jauh maka motor ini menjadi pilihan karena bagasi luas untuk meletkkan barang serta kapasitas tangkinya cukup besar,jadi tidak perlu sering antri di SPBU.


Kata-kata bijak :

“ Kota yang kuat bagi orang kaya ialah hartanya, tetapi yang menjadi kebinasaan bagi orang melarat ialah kemiskinan.”Amsal 10 : 15

“Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa.”Amsal 10:16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar