Minggu, 12 Februari 2017

Kenaikan TDL

Post by Hotman Silitonga



           Kemarin my wife melaporkan pada saya bahwa biaya rekening listrik sudah naik.Biasanya perbulan hanya 110-120 ribu,tapi bulan ini kena 160 ribu.Informasi kenaikan listrik khususnya dengan daya 4 A/900 VA sudah terdengar akhir tahun lalu.Untuk yg sistim pulsa/pra bayar sudah naik awal January lalu,tapi untuk yg menggunakan sistim pencatatan meteran,,baru pembayaran  bulan ini naiknya.Yah…mo gimana lagi.Nikmati saja kenaikan listrik ini …Toh kita tidak sendiri.Nggak tahu  nih ,,ikatan pinggang mana lagi yg mo dikencangkan ✋👌.
         Kenaikan di bulan Februari ini barulah tahap pertama,masih ada lagi kenaikan ke dua dan ke tiga hingga bulan Juli.Dari harga per KWH Rp 605,- sebelum kenaikan menjadi Rp 1.467,- per KWH.Perkiraan sih kenaikannnya mencapai 100 persen lebih.Jika pembayaran anda di tahun lalu rata-rata 100 ribu,kemungkinan pada bulan Juli pembayaran anda di atas 200 ribuan.
          Bagi anda yang mempunyai usaha dagang atau jasa tinggal menaikkan saja harga jual,tapi bagi pekerja yang mendapat upah/gaji bulanan mungkin harus melakukan efisiensi lagi.
        Bagi anda  PNS dengan Remunerasi atau TKD atau esselon mungkin tidak terlalu masalah dengan kenaikan listrik ini,tetapi bagi PNS yg non remunerasi atau tanpa TKD atau non esselon sangat terasa sekali.
        Salah satu cara yg bisa dilakukan untuk sedikit menghemat pembayaran listrik adalah dengan mengganti sistim lighting/pencahayaan di rumah anda dengan beralih menggunakan lampu LED,termasuk mengganti televisi di rumah anda yg masih menggunakan TV tabung menjadi TV LED.Namun tetap saja mengeluarkan uang untuk penggantian itu semua.
          Lampu LED terkenal dengan hemat energy.Setahun lalu ,semua lampu dirumah tak ganti menggunakan lampu LED.Diruang tamu yg ukurannya 3 x 6 dahulunya saya menggunakan lampu jenis LHE 45 watt seperti yg sering digunakan di pasar malam,kemudian diganti dengan lampu LED 16 Watt,kelihatannya kekuatan pencahayaannya hampir sama.


Tapi ingat ,lampu LED nya yg asli,bukan yg KW 👍.Demikian juga televisi tabung 20 inc 80 watt diganti dengan LED TV 19 inc yg hanya mengkonsumsi listrik 35 watt.
        Hasil penggantian semua lampu dan televisi ini bisa menghemat biaya pembayaran listrik 15-20 %.Lumayanlah bisa sedikit menghemat pengeluaran.Salam.✋👌

Kata-Kata Bijak :

"Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya".Amsal 14:8

" Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang."Amsal 14:30

Tulisan lainnya :
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2016/12/bermain-dengan-rangka-baja-do-it-your.html







Tidak ada komentar:

Posting Komentar