Senin, 29 Januari 2018

Mesin Cuci : Ganti Timer Washing/Penggiling



Post by Hotman Silitonga
 

  Beberapa hari yang lalu  my wife melaporkan bahwa mesin cuci dirumah tampaknya bermasalah.Mesin cuci, yaitu bagian washing/pencuci/penggilingnya berputar cuma ke satu arah saja.
   Pada mesin cuci semi automatic terdapat dua tabung yang bekerja, satu tabung untuk washing/pencuci / penggiling dan satu lagi tabung pengering/drying.Dinamo listrik pada tabung pencuci/penggiling bergerak dua arah,yaitu ke kiri dan ke kanan. Pergerakkan dinamo  listrik di kendalikan oleh alat yang bernama timer.
   Dari segi umur,umur mesin cuci ini baru memasuki usia 6 tahun ,  wajar sudah mulai ada komponen yang rusak.Apalagi sehari bisa 2-3 kali mencuci.Sengaja beli yang semi automatic selain murah dan terjangkau dikantong, perbaikannyapun tidak terlalu rumit,dan biaya servisnya juga tidak terlalu mahal.Hanya saja dalam penggunaannya masih perlu tenaga untuk membilas dan memindahkan cucian dari tabung pencuci ke tabung pengering.Beda dengan yang automatis,yang bisa membilas dan mengeringkan sendiri. Tapi semua tergantung selera dan isi kantong masing-masing.
    Mesin cuci milik blogger yang rusak  ini adalah mesin cuci yang kedua,  yang blogger milikki, yang pertama hanya bertahan 8 tahun,dan tidak dapat diperbaiki lagi karena plastiknya sudah banyak yang rapuh serta sempat terendam banjir.
   Pada mesin cuci yang rusak   ini,  kerusakan yang dialami  adalah kerusakan yang  ke dua kalinya.Sebelumnya, dua tahun yang lalu  terjadi kerusakan pada bagian capasitornya https://polindesmuarakasih.blogspot.co.id/2017/01/perbaikan-mesin-cuci-do-it-your-self.html Sebenarnya ada dua kerusakan pada mesin cuci ini sekarang ini, selain putaran penggilingnya yang bermasalah, terjadi juga kebocoran pada outlet keran buang air dari bagian penggiling mesin cuci. Tapi sementara ini blogger fokus perbaikan pada bagian pencuci/penggilingnya dahulu,besok besok baru perbaikan pada saluran outletnya
     Seperti biasa blogger berusaha untuk memperbaiki sendiri/Do It Your Self. Yang paling susah dari perbaikan mesin cuci adalah membongkar body  pada mesin cuci baik pada panel maupun dindingnya .Kalau nggak hati-hati  bisa bisa  ada sambungan yang  patah.Body mesin cuci dua tabung umumnya terbuat dari plastik, jadi musti hati-hati membongkarnya.Terkadang baut bautnya pun ada yang berkarat akibat terkena percikan air, sehingga semakin menyulitkan untuk membongkarnya.

  Pada mesin cuci dua tabung umumnya terdapat 3 kenop putar pada panelnya, 1 knop timer penggiling/pencuci, 1 knop untuk buang air,dan 1 lagi knop timer pengering.
Berikut langkah perbaikan mesin cuci milik blogger :
  Langkah pertama adalah membongkar panel mesin cuci,dilanjutkan dengan mencabut timernya.Biasanya ada 3 kabel yang terhubung ke timer ini,1 kabel input dan 2 kabel out put.Perhatikan warna serta posisinya.Gunakan kamera Hp jika ragu-ragu.
Cabut timer tersebut dari panel.Sebelumnya cabut steker  listrik dari colokkan agar tidak tersentrum.
     Langkah kedua adalah mengecek kondisi timer.Timer bisa dicek dengan menggunakan multitester. Putar tester kearah ohm/X1.Satu kabel tester di hubungkan dengan jalur input ,sementara satu kabel dihubungkan pada bagian output timer. Putar timer seperti layaknya mencuci. Pada kondisi normal maka jarum tetster akan putus nyambung dalam periode tertentu pada masing masing output .


     Timer itu sendiri berfungsi untuk membagi arus dari input ke  kedua output dengan waktu yang berbeda dan  dalam jangka waktu tertentu.Jika arus mengalir  dari input ke output , sebutlah output 1 maka mesin penggiling/pencuci  berputar ke kanan,dan jika arus mengalir ke output 2 maka mesin penggiling/pencuci berputar ke kiri,demikianlah secara terus menerus  arus dialirkan oleh  timer sampai timer berhenti bekerja.
     Atau bisa juga kita  langsung menghubungkan kabel  input ke salah satu jalur out put secara bergantian, jika dinamo penggiling berputar secara bergantian maka kondisi dynamo mesin cuci kondisinya baik.Jika tidak,maka kemungkinan dinamonya korslet/terbakar.Namun perlu hati-hati melakukan tindakan ini karena kita menggunakan arus listrik langsung.Sefety First .


   Langkah selanjutnya , setelah dilakukan pengetesan,  ternyata betul, timer mesin cuci bagian penggiling/pencucinya sudah rusak.Langsung beli timer yang baru,harganya sekitar 40-50 ribu,kemudian  pasang dan lakukan pengetesan.Dan dynamo penggiling/pencuci pun bergerak ke kiri dan ke kanan dengan normal .Sip.Semoga bermanfaat.Salam.

Kata kata bijak :
“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”Amsal 3:5-6

 “Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari”  Pengkhotbah 3:4

Tulisan lainnya :
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2017/02/katarak-dan-diabetes.html
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2018/01/sayur-olahan-khas-tapanuli-daun-ubi.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar