Sabtu, 13 Januari 2018

Pengecekan Carbon Brush Dinamo Cas Mobil


Post By Hotman Silitonga


        Memiliki mobil lawas yang berusia diatas 10 tahun memang harus kudu  rajin memeriksa semua komponen yang ada pada mobil.Di usia 10 tahun keatas banyak komponen yang mulai aus dan habis masa pemakaiannya.
       Salah satu komponen yang sering dilupakan saat pemeriksaan adalah altenator atau dynamo cas mobil.Hal ini dikarenakan komponen ini termasuk komponen yang sangat jarang sekali rusak.Namun demikian bukan berarti alternator tidak perlu dilakukan pemeriksaan.
       Kerusakan pada alternator dapat menyebabkan mobil mogok.Fungsi alternator sendiri adalah mencharge/mengisi daya pada aki dan juga memberi suplai listrik pada komponen mobil yang menggunakan listrik.
        Mobil-mobil baru saat ini banyak sekali menggunakan komponen elektronik yang memakai arus listrik   a l : lampu-lampu,sound system,tv,fuel pump,injeksi,power window,central lock,remote control ,dll.Jika suplay kelistrikannya bermasalah, maka akan cepat sekali menyebabkan mobil mogok.
        Dinamo cas/altenator mempunyai satu komponen yang sifatnya habis pakai yaitu carbon brush atau ada yang menyebutnya KUL.Kul dinamo ini kinerjanya bergesekan dengan rotor/armature untuk menyalurkan arus listrik.Karena selalu bergesekan maka lama kelamaan akan habis.Jika kul habis maka suplay arus listrik dari dinamo  ke komponen mobil yang menggunakan arus listrik maupun untuk mencharger/mengecas aki akan terganggu,dan ini dapat membuat mobil menjadi mogok,dikarenakan komponen eletronik mobil tidak dapat bekerja.
       Waktu yang baik untuk mengecek kondisi kul dinamo amper mobil khususnya untuk kendaraan pribadi sekitar 10 tahunan,tapi bagi mobil yang jam terbangnya tinggi ,mungkin ada baiknya 5-6 tahun di cek kondisi kul nya.
      Berhubung kondisi mobil blogger udah 11 tahunan,blogger berniat mengecek kondisi carbon brush/kul pada dynamo cas mobil blogger.Kebetulan ada waktu luang.Sebelumnya blogger sudah menyiapkan kul baru untuk mengganti jika memang sudah waktunya diganti.Harganya tidak mahal berkisar 10-15 ribu.
         Berikut langkah-langkah yang blogger lakukan untuk mengecek kul dynamo cas mobil milik 
blogger :
  •   Copot/lepaskan dynamo cas/altenator.Ada 3 baut yang mengikat alternator pada mesin mobil.Dua baut sebagai dudukan,1 baut tensioner yang berfungsi untuk memaju mundurkan dynamo cas agar belt/bando yang terhubung ke alternator/dynamo cas bisa dilepas/dipasang.Lepaskan socket2 kabel yang terhubung ke alternator/dynamo cas.
  •   Setelah berhasil dicopot,lepaskan plat pelindung yang menutup bagian IC regulator dan dudukan Kul.Ada beberapa baut yang harus dilepas,
  •   Lepas dudukan/rumah carbon brush/kul dengan membuka 2 buah baut yang mengikatnya.
  •    Copot dudukan/rumah kul dan perhatikan atau cek ketebalan/panjang kul yg masih tersisa.
  •  Jika panjang kul sudah di bawah 0,5 Cm sebaiknya ganti baru sajalah,harganya juga tidak seberapa.
  •    Panjang carbon brush/Skul alternator mobil blogger ternyata masih cukup panjang sekitar 0,7 cm     ,masih bisa digunakan 3-4 tahun lagi mengingat mobil milik blogger sangat jarang dipakai.
  •   Proses penggantian kul juga tidak terlalu sulit hanya butuh penyolderan saja,untuk itu perlu disiapkan solder serta timah solder.
     





 Voltase ideal/normal yang dihasilkan dynamo cas/alternator saat mesin hidup adalah sekitar 13-14,5 Volt tanpa beban.Jika semua beban kelistrikan dihidupkan secara bersamaan seperti Sound sistim,Tv,Head Lamp,Wiper,Lampu sein, maka idealnya voltase  minimal yang tersisa 12,2 Volt.Untuk mengeceknya kita bisa menggunakan/membeli Voltmeter DC yang bisa dicolokkan pada cigarette lighter.
       Ok Friend demikianlah sekedar share pengecekan carbon brush/kul dynamo cas pada mobil blogger.Semoga bermanfaat.

Tulisan lainnya :
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2015/06/pria-wanita.html
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2018/02/postingan-ke-100-evaluasi-blog.html

Kata-kata bijak :

“Bila orang benar mujur, beria-rialah kota, dan bila orang fasik binasa, gemuruhlah sorak-sorai.”Amsal 11:10.

“Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.”Amsal 13:4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar