Selasa, 27 Februari 2018

Postingan ke 100, Evaluasi Blog



 Post by Hotman Silitonga


       Tidak terasa 3 tahun sudah usia Web Blog ini.Walaupun terseok seok perjalanannya, tetapi akhirnya tercapai juga  keinginan blogger untuk memposting 100 Postingan  yang menghiasi Web Blog ini.
        Sepuluh ( 10 )  tahun yang lalu, disaat blogger berselancar di dunia maya , ketika koneksi  internet mulai hadir  di daerah ini, walaupun masih kategori 2G/Edge, dimana koneksi masih lambat dan lemot,   blogger bercita-cita suatu saat nanti blogger harus memilikki web blog sendiri. Entahlah…ada perasaan tersendiri bagi blogger bila melihat tulisan/situs “ www ********com”.
         Bagi blogger,  keinginan memilikki sebuah web blog seperti sebuah tantangan yang harus direalisasikan. Apalagi setelah blogger ketahui bahwa google menyedikan fasilitas  web.blog gratis bagi warga/masyarakat yang berkeinginan mempunyai  wab/blog  melalui Blogger.Com.
         Kesulitan utama dari membuat sebuah blog/website bukan terletak pada cara membuat  blog atau web, tetapi hal yang  tersulit adalah membuat/mengisi blog/web dengan artikel yang baik.Sepintas lalu kelihatannya mudah membuat sebuah artikel/postingan di blog, tetapi setelah dijalani ternyata sangat sulit. Apalagi status blog ini sifatnya blog pribadi, maka mayoritas postingan  lebih mengarah pada kehidupan sehari-hari.Rasanya tidak ada yang menarik dari kehidupan blogger sehari hari yang bisa dituangkan dalam sebuah tulisan.
         Dengan pendidikan blogger yang apa adanya,  yang hanya lulusan S3 ( SD,SMP,SMA ),  tidak ada basis ilmu computer , maka membuat sebuah blog/web nampaknya hanya sebuah angan-angan kosong belaka.
         Namun orang tua dahulu menasehati “ Jangan Mundur Sebelum Berperang “, yah sudah di coba saja.


         Dari pengalaman berselancar di dunia maya, banyak sekali ilmu-ilmu yang didapati, termasuk tata cara membuat blog.Semua ilmu diperoleh secara gratis/cuma-cuma.
        Mayoritas blogger bolehlah dibilang orang yang baik hati, mau berbagi ilmu tanpa pamrih, tanpa balas jasa, mengalahkan profesi guru. Hanya  sebagian kecil saja blogger yang dapat hidup dari ngeblog, selebihnya timbul tenggelam karena penghasilan tak kunjung datang.  
        Berbekal ilmu  yang di peroleh dari  postingan  sesama blogger, akhirnya secara otodidak terciptalah blog/web ini.
Blog ini diberi judul awalan “Polindes” karena, ketika blogger searching dengan kata kunci "Polindes", tidak ditemukan situs yang berjudul Polindes.
          Berhubung saya dan istri tinggal di Polindes, maka  blog ini diberi  nama awal Polindes.Blog  ini sendiri adalah blog pribadi maka isinya lebih banyak bercerita tentang kehidupan kami sehari hari di Polindes.
        Rencana Tuhan tidak ada yang tahu, suatu ketika istri saya memutuskan untuk pindah tugas, akibatnya Polindes pun harus tutup,  dan nasib blog ini jadi maju / mundur,  mo dilanjut atau tidak.
        Akhirnya blog ini tetap dilanjutkan, konsekwensinya tidak ada tulisan lagi mengenai kehidupan sehari-hari kami di polindes.Postingan menjadi gado-gado.Namun target untuk memposting 100 postingan  harus bisa di capai.
        Dari segi materi, sampai saat ini tidak ada materi yang blogger dapatkan dari ngeblog ini, justru blogger lebih banyak berkorban, berkorban materi untuk membeli paket data internet, berkorban waktu untuk membuat sebuah postingan, dll. Hanya sebuah kepuasan batin saja yang didapatkan dan  mungkin sedikit kebanggaan, kalaupun ini bisa disebut sebuah kebanggaan,   bisa memilikki sebuah blog/website pribadi . Sebuah blog yang sederhana, atau mungkin masuk kategori abal-abal. Namun demikian, paling tidak,  blogger sudah berani tampil dan ikut meramaikan  jagat maya ini.
        Dari semua postingan di blog  ini,  hanya 1 tulisan yang masuk kategori copy paste, yaitu tulisan  yang berjudul APN ( Asuhan Persalinan Normal ).Karena APN ini merupakan suatu aturan atau prosedur tetap atau SOP maka tidak mungkin tulisan ini  menyimpang dari aturan yang sudah ditetapkan.Postingan yang berjudul  APN ini sifatnya menyebarluaskan informasi/publikasi.
        Dari segi traffic kunjungan, traffic blog ini masih rendah, tapi semua pengunjung yang datang sebagian besar murni dari mesin pencari di google. Traffik bagi blogger tidaklah terlalu penting, karena blogger tidak menjual sesuatu di blog ini. Tidak ada juga optimalisasi SEO di blog ini,karena blogger tidak paham SEO.Blogger juga tidak pernah meninggalkan link-link di blog orang. Cuma ada link yang menuju ke akun facebook pribadi blogger saja. Blogger ingin semua berjalan alami, mengalir seperti air.


Iseng iseng blogger cekking harga dan peringkat
blog yang sangat sederhana ini di situs calculator website dan gak nyangka ternyata blog ini sudah ada rangking dan harganya .

  
       Blogger berharap salah satu dari sekian  tulisan yang di posting di blog ini dapat bermanfaat bagi orang yang membacanya dan sekaligus menjadikan blog ini sebagai catatan/rekaman kehidupan blogger sehari-hari yang bisa dikenang di kemudian hari.
        Blog ini ibarat sebuah rumah singgah, rumah singgah milik blogger di dunia maya , yang siapa saja bisa masuk, melihat-lihat , serta mengambil manfaat dari rumah singgah ini. Jika bermanfaat ambil manfaatnya, jika tidak ada manfaatnya, monggo , silahkan ditinggalkan.
       Demikianlah  sedikit evalusai sehubungan dengan tercapainya  100 postingan dan di genapinya tiga tahun  usia blog ini.Salam
             
 Kata kata bijak :
    
“ Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan adalah mati.”Yak 2:26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar