Senin, 05 Februari 2018

Menyimpan File di Google Drive



Post by Hotman Silitonga


        Hallo sahabat Polindes, bagaimana khabarnya ?,semoga baik-baik saja. Kali ini blogger Polindes akan mencoba share cara menyimpan file di Google Drive.
Ada banyak cara menyimpan file/folder, baik file dokumen, foto maupun video.Selama ini sebagian file milik blogger tersimpan di hardisk computer, sebagian lagi di simpan di cd/dvd, sebagian kecil tersimpan di flash disk.Ada juga mungkin beberapa orang yang menyimpan data di hardisk eksternal, namun karena harga HDD Eksternal cukup mahal,blogger kesulitan untuk memilikiya.
         Ada salah satu cara lain untuk menyimpan file yaitu menyimpan file melalui  akun google yang kita miliki.Mungkin sebagian pengguna internet sudah memanfaatkan fasilitas ini. Google memberikan pada setiap pengguna  akun google, fasilitas penyimpanan file/data sebesar 15 GB melalui aplikasi  google drive  secara cuma-cuma. Jika ingin menambah kapasitas lebih besar lagi ,pengguna dikenakan tarif  sewa bulanan.
         Sudah lama blogger ingin mencoba menggunakan fasilitas penyimpanan di google drive,namun terkendala jaringan internet yang lelet, serta jangkauan signal yang lemah.Namun setahun belakangan jaringan internet cukup lancar, walaupun pada jam-jam tertentu/jam-jam sibuk kecepatan sering down.
     Salah satu syarat untuk memanfaatkan fasilitas penyimpanan google drive adalah adanya koneksi internet yang cepat dan stabil. Tanpa itu hanya kekesalan yang akan di peroleh, ha..ha..ha .
      Selanjutnya,setelah memilikki koneksi internet, kita harus mempunyai akun google/g.com. Setelah mempunyai akun google kita bisa langsung masuk pada akun google yang kita milikki, https://myaccount.google.com pada sudut kanan atas computer akan tampak akun google milik kita, disamping kiri akun milik kita akan tampak lonceng dan aplikasi google.Klik aplikasi google maka akan tampil banyak pilihan aplikasi yang salah satunya aplikasi drive yang akan blogger coba  gunakan untuk menyimpan beberapa file milik blogger.
         Selanjutnya klik google drive,untuk masuk pada aplikasi tersebut,dan akan terlihat dashboard aplikasi drive.Berikutnya  kita akan mencoba menyimpan file pada drive tersebut.Tata cara menyiompan file pada drive tidak ubahnya seperti kita mengupload file/foto pada umumnya.Klik “drive saya”, pilih “upload”.Selanjutnya kita akan diarahkan  pada pilihan file/folder yang akan kita upload. Pilih file di hardisk computer milik kita yang akan kita upload. Blogger  akan mencoba menyimpan  file berupa foto pada drive milik blogger.











file foto sudah tersimpan di google drive



Klik foto yang akan diupload dan klik open.Maka foto milik blogger sudah tersimpan di drive.
Setelah berhasil mengupload file, agar file tidak berantakan dan mudah mencarinya, maka file tersebut kita masukkan dalam folder/beberapa folder dan  diberi nama.Caranya klik kembali “ Drive Saya “ pilih “ Folder Baru “ dan beri nama sesuai keinginan kita, dan jadilah sebuah folder. Setelah folder baru terbuat dan kita akan memindahkan file/foto tersebut ke dalam folder. Caranya klik dan tahan file/foto tersebut dan seret  pada folder tersebut dan lepaskan,tunggu beberapa sat maka foto/file tersebuat akan masuk dalam folder.

Membuat folder 
       Gambar telah dipindahkan ke folder
  Setelah  file kita  tersimpan di google drive, kemanapun kita pergi  tidak  perlu lagi membawa Flashdisk,ataupun CD/DVD R. Selama ada koneksi internet,  dimanapun kita berada,  kita bisa mengakses data milik kita baik melalui komputer ataupun android.Sekalipun komputer kita hilang atau hancur data kita tidak akan terganggu.
         Blogger tertarik menyimpan beberapa file kerja di google drive,karena terkadang data-data dari tempat kerja yang tidak selesai dikerjakan bisa blogger selesaikan di rumah. Selama ini blogger sering menggunakan flash disk untuk menyimpan data ,namun  sering terkendala  virus, ketika di colokkan ke computer, data pada error, kesal jadinya.Blogger juga orang nya suka lupaan, flash disk sering  ketinggalan, dan hal seperti terkadang membikin repot, kalaupun  mo bawa laptop tiap hari rasanya tidak efektif, selain cukup berat di letakkan diransel , juga khawatir terkena benturan dan  hujan di perjalanan .Google Drive ,cukup  membantu.Semoga bermanfaat. Salam.
      
  Kata-kata bijak :
“Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada.”Amsal 11:14
“Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga.”Amsal 12:27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar