Kamis, 02 Maret 2017

Penggantian Cross Joint,Do it Your Self.



Post by Hotman Silitonga

        Pada mobil-mobil yang sudah berumur diatas 5 tahun,serta dengan jam terbang yang cukup tinggi,penggantian Cross Joint adalah hal yang biasa.Cross Joint atau ada yang menyebutnya cangkah empat,dikarenakan bentuknya mempunyai empat cangkah/cabang,termasuk salah satu komponen fast moving dan rentan mengalami keausan.
         Biasanya pada mobil berpenggerak roda belakang, antara gear box dan gardan dihubungkan oleh bohel/propeller shapt.Antara sambungan bohel dengan gear box dan gardan terdapat cross joint.
          Akibat umur yang udah tua dan pemakaian yang udah diatas 150 ribu KM,cross joint pada mobil Carry 1.0  jadul milikku udah mulai aus dan minta diganti.
          Deteksi awal kerusakan adalah ketika dikendarai mobil ini terasa ada getaran halus pada mobil,  saat mobil melaju di jalan yang mulus.Ketika mobil berjalan pelan saat mo parkir terdengar bunyi ting-ting-ting,tapi suaranya masih pelan.
          Awalnya agak bingung juga menentukan dimana lokasi asal suara,tapi yang jelas sumber suara berasal dari kolong mobil.
          Iseng-iseng saat parkir di rumah saat ngolong ke bawah mobil,dan menggoyangkan bohel mobil dan memukulnya keatas,ternyata betul sambungan pada cross joint sudah goyang,dan berbunyi saat bohel di pukul-pukul ke atas.
         Ya udah,langsung beli sparepartnya.Nggak mahal cuma 40 ribu perak,suku cadang generic berlogo✋
Langkah pertama yang dilakukan adalah  melepaskan empat buah baut yang menghubungkan bohel dengan gardan.Kemudian cabut bohelnya,bawa ketempat terang untuk di kerjakan.




         Pada bengkel besar pengantian bisa berlangsung cepat,dengan catatan jika bengkel itu mempunyai alat press.
Tapi untuk kasus mobil saya,saya memutuskan untuk mengganti sendiri saja/Do it your self.Rasanya ada yang kurang sehat di badan ini kalau sebulan nggak bersentuhan dengan tang,kunci-kunci dan oli👍.
         Untuk melepaskan cross joint terpaksa kita main ketok/pukul,karena saya nggak punya alat press.Mo beli harganya mahal.Saya menggunakan mata kunci shok sebagai alat bantu  untuk mengeluarkan crossjoint dari dudukannya.
Kalau anda punya gerinda tangan listrik,langsung cincang saja tuh cross joint.Baru kemudian ketok,lebih mudah  mengeluarkannya.
          Setelah crossjoint berhasil dikeluarkan,lanjutkan dengan memasang yang baru.Memasangnya harus hati hati, tidak bisa secara bersamaan,harus per-bagian.Memasukannya juga main ketok,dan juga harus hati-hati karena terdapat semacam laher bambu di dalam setiap ujung crossjoint,dan bisa buyar saat kita ketok.
         Disini otak kita semacam diajak berfikir,bagaimana cara memasang kembali cross joint.
Setelah berhasil dipasang,jangan lupa pasang kembali snap ring penguncinya.Pasang kembali bohal ke gearbox dan gardan.Lanjutkan dengan tes jalan…Dan sepertinya penggantian yang dilakukan berjalan sukses..


Kata kata bijak :

“ Orang yang tidak berakal budi ialah dia yang membuat persetujuan, yang menjadi penanggung bagi sesamanya”.Amsal 17:18

“ Kuda diperlengkapi untuk hari peperangan, tetapi kemenangan ada di tangan TUHAN”. Amsal 21:23

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar