Selasa, 14 Maret 2017

Musik dan Kesehatan



        Anda suka musik ???Sepertinya hampir semua orang suka mendengarkan musik.Mungkin jenis irama dan tingkatan kesukaannya saja yang berbeda. Ada yang sekedar suka ,,ada pula yang suka sekali.Biasanya pada orang yang suka sekali pada musik ,orang ini memiliki juga kemampuan   untuk menyanyi atau memainkan alat musik.Kalau tidak mendengarkan musik dalam sehari,dirasa ada yang kurang dalam kehidupannya.
        Orang yang suka sekali akan musik umumnya mempunyai sifat yang humanis,orang yang suka akan keindahan,kedamaian. Lalu apa hubungannya musik dan kesehatan ??
        Hubungan secara langsung sih memang tidak ada,tapi musik bisa menenangkan jiwa/rohani sekaligus memberikan energi positif pada jiwa manusia.Sehat sendiri terbagi menjadi dua yaitu sehat secara fisik/jasmani dan sehat secara  jiwa/mental/spiritual .Dan keduanya saling mempengaruhi.
        Orang yang jiwa/mentalnya  tertekan akibat stress berat ,dapat mempengaruhi fisiknya.Strees dan gangguan kejiwaan mengakibatkan susah tidur,hilangnya nafsu makan,jantung berdebar debar dan akibatnya fisik orang tersebut menurun,dan   gampang terkena penyakit.Demikian juga orang yang secara fisik terkena penyakit atau kelemahan pada tubuhnya  dapat menimbulkan  kecemasan pada hati dan pikirannya.sehingga memperparah sakit yang dideritannya. Jadi antara kesehatan jiwa dan raga saling mempengaruhi.
       Ada beberapa manfaat musik yang mungkin bisa anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari a l :

     * Musik dapat membantu meningkatkan kesehatan kita  melalui olahraga.Pada acara olah raga/senam massal biasanya selalu diiringi musik.Entah itu iramanya remix,disco,dangdut,dugem,maupun irama  yang lain,dan sadar atau tidak sadar musik mendorong/memacu kita menjadi bersemangat untuk berolah raga .
Sekali waktu,, coba ,disaat orang lagi asik senam,anda matikan listrik atau musiknya.Apa yang terjadi ???Saya yakin peserta senam massal pun akan merasa seperti kehilangan semangat,.ini artinya musik memilikki dampak positip dalam hidup kita.
Sekali waktu juga,ketika anda malas berolahraga dirumah,coba nyalakan musik remix atau disco,biasanya secara perlahan timbul keinginan berolah raga di rumah.

     * Musik juga dapat membantu menenangkan jiwa,terutama anda yang lagi dilanda berbagai masalah kehidupan atau kecemasan.Didunia modern saat ini pengidap penyakit yang berhubungan dengan kejiwaan semakin tinggi.Dan pengobatannya pun tidaklah mudah.Jika anda mengalami  permasalahan kehidupan atau kecemasan cobalah sejenak untuk mendengarkan musik musik rohani,instrumental, disaat hening atau teduh. biasanya sangat membantu untuk menenangkan jiwa walaupun sifatnya sementara sebab yang namanya masalah tetap saja harus dihadapi bukan dihindari.Tidak menutup kemungkinan inspirasi terhadap pemecahan masalah timbul setelah anda mendegarkan lagu-lagu rohani atau lagu-lagu instrumental.  

            
       Ada banyak manfaat lain dari musik,seperti mengurangi rasa nyeri,menurunkan tekanan darah,relaksasi dll.
    Selain itu musik juga dapat menjadi obat pelipur lara,pengobat rindu,ungkapan perasaan hati,mengingatkan peristiwa masa lalu/nostalgia,yang semuanya berhubungan dengan hati dan perasaan atau jiwamu.
Jika hati dan perasaanmu tenang,tentram dan damai,alamat dirimu akan panjang umur.
      Tahukah anda bahwa Raja/Nabi Daud yang hidup 3000 thn lalu adalah seorang pencinta musik,pembuat syair lagu,bahkan pemain musik ??Salam👋👌

Kata Kata Bijak :
    
" Hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN, dialirkan-Nya ke mana Ia ingini".Amsal 21:1

" Orang yang menyimpang dari jalan akal budi akan berhenti di tempat arwah-arwah berkumpul." Amsal 21:16






Tidak ada komentar:

Posting Komentar