Rabu, 24 Mei 2017

PERBAIKAN SEPEDA GUNUNG



Post By Hotman Silitonga

                                                                Handle Gigi/Shifter


        Sudah lebih satu bulan ini  tidak berolah raga.Biasanya 3-4 kali seminggu rutin berolah raga di pagi atau sore hari.Olah raga murah meriah,sekedar lari-lari kecil/jogging di halaman rumah.
        Olah raga pun terkadang ada pasang surutnya.Banyaknya aktifitas dan kesibukan yang menyita waktu ,membuat hal yang rutin menjadi terlupakan.Bagi orang yang rutin berolah raga,jika lama tidak berolah raga badan terasa  berat dan kaku.
        Hari ini sepertinya tubuhku memberikan warning/peringatan, agar aku harus berolah raga kembali.Ok lah…Tapi hari ini aku ingin berolah raga bersepeda saja untuk mencari keringat,sekalian jalan-jalan sore dan bernostalgia mengingat masa-masa kecil dahulu.Dahulu waktu masih SMP  ke sekolah menggunakan sepeda,bahkan waktu SMU pun masih sering pakai sepeda ke sekolah.Senang sekali rasanya bergerombolan pulang sekolah pakai sepeda.Jalanan masih sepi sehingga aman untuk anak-anak  yang menggunakan sepeda.Sekarang ini jalanan sudah mulai macet,dan tidak ramah kepada para pengguna sepeda,polusi udara dan suara cukup tinggi di jalanan.Melepas anak bersepeda pun  khawatir juga saat ini.
      Sayapun mengeluarkan sepeda dari  rumah,dan mencoba mengendarainya.Ternyata banyak masalah pada sepeda ini, rem sudah rada rada blong,pedal sudah ada yang patah,gigi sepeda nggak bisa dipindahkan.Hem ..pantesan dah hampir 2 minggu ini sepeda nggak pernah dipakai,ternyata dah pada rontok mesinnya 😀.
      Saya mencoba mengingat-ingat usia sepeda ini,dah dua tahun lebih,yah wajarlah sudah ada yang rusak.Namanya juga barang dipakai,pasti lama-lama rusak.Katanya sih sepeda gunung,nggak tahu kenapa disebut sepeda gunung,mungkin karena memilikki gigi-gigi serta bannya yang agak besar dan ngetrail makanya disebut sepeda gunung/MTB.
        Setelah di cek ternyata handle gigi/Shifter yang ada di stang/kemudi yang berfungsi memindahkan gigi sepeda sudah ada yang patah,kanvas remnya juga sudah habis,pedal dah patah.Nggak jadi deh..jalan-jalan sore hari ini.Cukup jogging di rumah sajalah.Besok sore tak perbaiki sepeda ini.
        Beberapa suku cadang tersedia di toko sepeda,hanya kanvas rem yg nggak ada.Kanvas rem sepeda harus beli komplit dan harganya jauh lebih mahal dari kanvas rem motor,bahkan 2 kali lipat lebih dari harga kanvas rem motor…ha..ha..ha..kok iso 😀😇.Yo weslah…mengko tak pake ilmu akal-akalan .Ntar saya gunakan bekas kanvas rem depan mobil,,dipotong pake gerinda menyerupai bulatan kanvas rem sepeda,kayaknya sih bisa.Tinggal system perpindahan gigi sepeda saja yang perlu diperbaiki.

 Mengganti handle gigi
        Handle gigi /shifter yang ada di stang sepeda semua dicopot,tak ganti yang baru.Handle gigi sepeda ini cara kerjanya seperti handle gigi motor vesva,main putar.Saat beli sudah sepaket disertai dengan tali-talinya,sehingga lebih mudah untuk proses penggantiannya.Sebenarnya gigi-gigi sepeda ini jarang rusak.Kalau terjadi gagguan pada gigi-giginya biasanya disebabkan oleh a l : Shifter/handle gigi yang ada di stang sepeda rusak,tali/seling dari shifter ke bagian unit pemindah gigi kendor,setelan baut pada unit pemindah gigi berubah.Pada sepeda milikku ini semua masalah diatas ada.Parah banget ha..ha..ha 😇😀..
Langkah pertama yg di lakukan adalah mengganti Handle gigi/shifter berikut talinya.Setelah diganti,pastikan tali/selingnya tidak kendor saat terhubung dengan unit pemindah gigi ( nek boso londo e,jenenge unit pemindah gigi opo yo?ra ngerti awak e 😇😀👎)

Memasang Tali/Seling dari shifter serta menyetel unit pemindah gigi


 
      Pada masing-masing gigi baik yang didepan atau belakang terdapat unit pemindah gigi.Pada unit pemindah gigi ini terdapat dua baut Plus/+ yang berfungsi sebagai pembatas naik turunnya gigi.Terkadang setelan baut ini berubah,sehingga proses perpindahan gigi menjadi tidak normal.Sebagai contoh piringan gigi bagian depan yang ada 3 ukuran,saat mo dipindahkan ke bagian yang paling atas nggak bisa.Demikian juga pada gigi belakang yang terdiri 6-10 percepatan,saat mo diturunkan ke posisi yang terkecil nggak bisa,untuk itu maka baut setelan unit pemindah gigi yang fungsinya sebagai pembatas turun naiknya gigi harus di setel dengan cara memutar ke kiri/ke kanan.Ketika baut tersebut diputar maka unit pemindah gigi akan bergerak ke dalam atau keluar,tinggal atur kelurusan antara unit pemindah gigi tersebut ( yang belakang ) dengan gigi/piringan yang terkecil.Kemudian atur juga kelurusan unit pemindah gigi  dengan gigi/piringan yang terbesar.Lakukan penyetelan yang sama pada gigi bagian depan. 


      Ok..semua dah selesai diperbaiki,saya mau permisi dahulu friend,mo JJS dulu sambil nyari keringat,siapa tau dapat inspirasi.Salam.👋👌

Kata-kata bijak :
“Rancangan orang benar adalah adil, tujuan orang fasik memperdaya.”Amsal 12 : 5

"Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya."Amsal 11 : 3
 

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Maksudnya naik turun gigi yang susah atau gimana, " Kalau terjadi gagguan pada gigi-giginya biasanya disebabkan oleh a l : Shifter/handle gigi yang ada di stang sepeda rusak,tali/seling dari shifter ke bagian unit pemindah gigi kendor,setelan baut pada unit pemindah gigi berubah."

      Hapus