Post
By Hotman Silitonga
Sudah lebih
satu bulan ini tidak berolah
raga.Biasanya 3-4 kali seminggu rutin berolah raga di pagi atau sore hari.Olah
raga murah meriah,sekedar lari-lari kecil/jogging di halaman rumah.
Olah raga pun terkadang ada pasang surutnya.Banyaknya
aktifitas dan kesibukan yang menyita waktu ,membuat hal yang rutin menjadi
terlupakan.Bagi orang yang rutin berolah raga,jika lama tidak berolah raga
badan terasa berat dan kaku.
Hari ini sepertinya tubuhku memberikan
warning/peringatan, agar aku harus berolah raga kembali.Ok lah…Tapi hari ini
aku ingin berolah raga bersepeda saja untuk mencari keringat,sekalian
jalan-jalan sore dan bernostalgia
mengingat masa-masa kecil dahulu.Dahulu waktu masih SMP ke sekolah
menggunakan sepeda,bahkan waktu SMU pun masih sering pakai sepeda ke sekolah.Senang sekali
rasanya bergerombolan pulang sekolah pakai sepeda.Jalanan masih sepi sehingga
aman untuk anak-anak yang menggunakan
sepeda.Sekarang ini jalanan sudah mulai macet,dan tidak ramah kepada para
pengguna sepeda,polusi udara dan suara cukup tinggi di jalanan.Melepas anak
bersepeda pun khawatir juga saat ini.
Sayapun
mengeluarkan sepeda dari rumah,dan mencoba mengendarainya.Ternyata
banyak masalah pada sepeda ini, rem sudah rada rada blong,pedal sudah ada yang
patah,gigi sepeda nggak bisa dipindahkan.Hem ..pantesan dah hampir 2 minggu ini
sepeda nggak pernah dipakai,ternyata dah pada rontok mesinnya 😀.
Saya mencoba
mengingat-ingat usia sepeda ini,dah dua tahun lebih,yah wajarlah sudah ada yang
rusak.Namanya juga barang dipakai,pasti lama-lama rusak.Katanya sih sepeda
gunung,nggak tahu kenapa disebut sepeda gunung,mungkin karena memilikki
gigi-gigi serta bannya yang agak besar dan ngetrail makanya disebut sepeda
gunung/MTB.
Setelah di cek
ternyata handle gigi/Shifter yang ada di stang/kemudi yang berfungsi
memindahkan gigi sepeda sudah ada yang patah,kanvas remnya juga sudah habis,pedal
dah patah.Nggak jadi deh..jalan-jalan sore hari ini.Cukup jogging di rumah
sajalah.Besok sore tak perbaiki sepeda ini.
Beberapa suku
cadang tersedia di toko sepeda,hanya kanvas rem yg nggak ada.Kanvas rem sepeda
harus beli komplit dan harganya jauh lebih mahal dari kanvas rem motor,bahkan 2
kali lipat lebih dari harga kanvas rem motor…ha..ha..ha..kok iso 😀😇.Yo weslah…mengko
tak pake ilmu akal-akalan .Ntar saya gunakan bekas kanvas rem depan
mobil,,dipotong pake gerinda menyerupai bulatan kanvas rem sepeda,kayaknya sih
bisa.Tinggal system perpindahan gigi sepeda saja yang perlu diperbaiki.
Mengganti handle gigi
Handle gigi /shifter
yang ada di stang sepeda semua dicopot,tak ganti yang baru.Handle gigi sepeda
ini cara kerjanya seperti handle gigi motor vesva,main putar.Saat beli sudah
sepaket disertai dengan tali-talinya,sehingga lebih mudah untuk proses
penggantiannya.Sebenarnya gigi-gigi sepeda ini jarang rusak.Kalau terjadi
gagguan pada gigi-giginya biasanya disebabkan oleh a l : Shifter/handle gigi
yang ada di stang sepeda rusak,tali/seling dari shifter ke bagian unit pemindah
gigi kendor,setelan baut pada unit pemindah gigi berubah.Pada sepeda milikku
ini semua masalah diatas ada.Parah banget ha..ha..ha 😇😀..
Langkah pertama yg di lakukan adalah mengganti Handle
gigi/shifter berikut talinya.Setelah diganti,pastikan tali/selingnya tidak
kendor saat terhubung dengan unit pemindah gigi ( nek boso londo e,jenenge unit
pemindah gigi opo yo?ra ngerti awak e 😇😀👎)
Memasang Tali/Seling dari shifter serta menyetel unit pemindah gigi
Pada
masing-masing gigi baik yang didepan atau belakang terdapat unit pemindah
gigi.Pada unit pemindah gigi ini terdapat dua baut Plus/+ yang berfungsi
sebagai pembatas naik turunnya gigi.Terkadang setelan baut ini berubah,sehingga
proses perpindahan gigi menjadi tidak normal.Sebagai contoh piringan gigi
bagian depan yang ada 3 ukuran,saat mo dipindahkan ke bagian yang paling atas
nggak bisa.Demikian juga pada gigi belakang yang terdiri 6-10 percepatan,saat
mo diturunkan ke posisi yang terkecil nggak bisa,untuk itu maka baut setelan
unit pemindah gigi yang fungsinya sebagai pembatas turun naiknya gigi harus di
setel dengan cara memutar ke kiri/ke kanan.Ketika baut tersebut diputar maka
unit pemindah gigi akan bergerak ke dalam atau keluar,tinggal atur kelurusan
antara unit pemindah gigi tersebut ( yang belakang ) dengan gigi/piringan yang
terkecil.Kemudian atur juga kelurusan unit pemindah gigi dengan gigi/piringan yang terbesar.Lakukan
penyetelan yang sama pada gigi bagian depan.
Ok..semua
dah selesai diperbaiki,saya mau permisi dahulu friend,mo JJS dulu sambil nyari
keringat,siapa tau dapat inspirasi.Salam.👋👌
Kata-kata bijak :
“Rancangan orang benar adalah adil, tujuan orang fasik
memperdaya.”Amsal 12 : 5
"Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya."Amsal 11 : 3
pak mohon pencerahan untuk menyetel FD dan RD
BalasHapusMaksudnya naik turun gigi yang susah atau gimana, " Kalau terjadi gagguan pada gigi-giginya biasanya disebabkan oleh a l : Shifter/handle gigi yang ada di stang sepeda rusak,tali/seling dari shifter ke bagian unit pemindah gigi kendor,setelan baut pada unit pemindah gigi berubah."
Hapus