Senin, 01 Mei 2017

Dibuang Sayang : DVD ROOM



Post by Hotman Silitonga


        Pertama kali punya PC ( Personal Computer ) kalau tidak salah tahun 1999,beli second.Pentium II 350 Mhz,HD 5,6 GB dan VGA 8 MB.Hanya bertahan 5 tahun,beli CPU lagi,second lagi 😜😇👎Dari tahun 1999 s/d saat ini total sudah 4 CPU dan 2 monitor yang jadi rongsokan.Mayoritas kerusakan pada mainboard,dan nampaknya di kota ini saya belum ketemu orang   yg bisa memperbaiki kerusakan pada mainboard.Yang ada hanya ganti mainboard.Lumayan mahal harganya.Dari pada ganti mainboard lebih baik ganti PC,sekalian up grade spesifikasinya walaupun hanya sebatas bekasan/second 😀..Beberapa jeroan PC masih bisa dimanfaatkan seperti HDD.CD ROOM,Power Suplay,terutama bagi yang hobi di dunia computer dan elektro.
       Dari 4 PC rongsokan ini aku mendapatkan 4 DVD ROOM,2 DVD Room yang hanya berfungsi untuk membaca saja/Read/DVD R dan 2 lagi berfungsi membaca dan menulis/DVD RW ( Read & Write ).
      Kalau DVD R rasanya sih nggak terlalu penting,dan bisa di serahkan pada tukang rongsokan,tetapi yang DVD RW rasanya masih dibutuhkan untuk melakukan burning data atau meng copy DVD/VCD.
     Saat ini aku mempunyai Netbook,dan pada netbook tidak ada DVD roomnya.Persoalannya bagaimana bisa mengkoneksikan DVD RW dengan netbook milikku.Beda dengan laptop,laptop memilikki DVD room.Sebenarnya saya punya USB DVD eksternal,hanya saja DVD RW bawaan PC ini kan sayang kalau nggak dipakai/dibuang sayang.
     Selidik punya selidik,ternyata DVD RW bawaan PC ini bisa dijadikan DVD eksternal dengan menggunakan alat semacam converter.Alatnya bernama R-Driver.Dan sayapun langsung berburu di dunia maya alat ini.xixixxi….
     Setelah paket alat ini diterima,sayapun mulai mencoba berexperimen.Paling-paling kalau gagal yang keluar bau gosong ha.ha..ha.
Dua buah DVD RW bekas milikku ini socketnya berbeda-beda.Ada yang tipe IDE ada yang SATA ( jangan tanya ya gan apa itu IDE atau SATA,suer saya juga belum terlalu paham ha..ha..ha 😜😇).
     Tapi alat R Driver ini bisa digunakan pada socket IDE maupun SATA.Dalam paket R Driver ini selain kabel converter dari IDE/SATA ke USB,juga disertai power supply sebagai sumber arus untuk menghidupkan DVD RW/HDD.Sambungkan socket R Driver ini ke socket DVD RW,sesuai jenis soketnya.Sambungkan juga sokcket dari power supply ke DVD RW.Sambungkan kabel USB dari R Driver ke USB Netbook.Selesai dah..Ambil kaset DVD apa saja,film atau data untuk melihat apakah  kaset itu bisa dibuka atau tidak melalui DVD RW ini.Dan berhasil..yes..yes..yes👍👌

Memasang Sambungan Perkabelan

 Mencoba mengcopy data ke DVD

     Sayapun mencoba melakukan burning data menggunakan DVD RW ini,dan berlangsung sukses.Proses burningnya pun lebih cepat dari pada menggunakan USB DVD Eksternal.Kelihatan DVD RW dari PC ini lebih bertenaga dan full power.Untung nggak dibuang,kan sayang,masih bisa dimanfaatkan,full power lagi.Salam✋👌

Kata kata bijak :

"Lebih baik tinggal di padang gurun dari pada tinggal dengan perempuan yang suka bertengkar dan pemarah". Amsal 21:19 

"Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati dari pada membagi rampasan dengan orang congkak".Amsal 16:19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar