Selasa, 20 Maret 2018

Ganti LCD Android : Project Gagal



Post By Hotman Silitonga


     Setelah beberapa minggu yang lalu berhasil melakukan penggantian Touchscreen Android, blogger jadi terpacu/tertantang kembali  untuk melakukan penggantian LCD Android milik blogger yang enam bulan lalu terjatuh,  yang mengakibatkan LCD nya retak. Akibat keretakkan LCD ini,  timbul bintik kehitaman pada layarnya, dan cukup  lumayan besar bintik kehitaman yang ditimbulkan.
     Sebelumnya, android ini sempat blogger  bawa ke konter servis HP, namun setelah dua bulan tidak ada kepastian, dengan alasan suku cadangnya belum ada, akhirnya HP ini blogger bawa pulang ke rumah.
     HP Android nampaknya sudah dibongkar oleh tehnisi konter tersebut, karena ketika HP mo di bawa kembali, sang tehnisi minta waktru sebentar untuk merakit kembali Hp ini.
     Keberhasilan blogger mengganti touchscreen beberapa waktu yang lalu memotifasi blogger  untuk kembali melakukan uji coba mengganti LCD android ini, siapa tahu masih bisa dimanfaatkan kembali. Secara spesifikasi android ini tidak terlalu jelek walau produk china. Selama ini android hanya digunakan untuk nelp,sma, wa, dan foto foto ringan, sesekali digunakan sebagai  hotspot. Jadi dalam hemat blogger tidak  perlu spek yang terlalu tinggi. Hanya memboroskan uang saja, kecuali memang banyak uang.
      Sama seperti sebelumnya blogger berusaha mencari suku cadang secara online, karena kesulitan mencari suku cadang di daerah ini   serta sedikit extra hati-hati,  karena salah pesan tipe barang berarti gagal. Sekalipun dimungkinkan untuk return barang, namun ongkos kirim menjadi sangat mahal .



      Setelah suku cadang datang blogger pun langsung meng-oprek android ini. Untuk membongkar hp ini bisa menggunakan cara penggantian TS beberapa minggu yang lalu https://polindesmuarakasih.blogspot.co.id/2018/03/uji-coba-ganti-touchscreen-android.html.Hanya saja untuk membuka TS Android kali ini blogger merujuk pengalaman  sesama blogger dan vlogger  yaitu dengan menggunakan benang,mengingat TS nya masih bagus. Ambil benang, cari benang yang kuat, yang bagus sih tali pancing, karena cukup kuat. Congkel sedikit TS,setelah TS sedikit terangkat keatas, masukkan benang tersebut di celah  antara TS dengan bingkai/frame HP yang dicongkel tadi, perlahan  tarik benang tadi dari atas ke bawah sehingga sambungan  lem TS tadi terpotong oleh benang tersebut. Sebelumnya perhatikan letak flexible TS tadi, hindari benang melewati jalur flexible. Jika benang melewati jalur flexible TS, otomatis flexible akan putus.
       Lepas TS berikut flexibelnya. Selanjutnya  LCD yang pecah diambil dan kemudian  cabut socket flexibelnya dari mainboard Hp.
    Pasang LCD baru dan pasang juga socket flexible di mainboard hp. Pasang kembali TS dan flexibelnya di mainboard. Selanjutnya pasang frame/bingkai tengah, bodi belakang,baut baut, lalu pasang baterai dan penutupnya.


     Hidupkan Hp, dan…nyala . Layar berfungsi bagus, TS pun berfungsi dengan baik. Secara umum proses penggantian berjalan sukses. Kemudian dilanjutkan dengan uji coba dengan menggunkan sim card. Setelah sim card terpasang dan HP dinyalakan, proses loading selesai ternyata tidak ada sinyal pada android ini.Sim card terdeteksi oleh HP, tapi sinyal tidak ada. Masalah  sinyal biasanya berhubungannya dengan pemancar dan antena. Cek pada hp lain, sinyal bagus, mungkin ada hubungannya dengan antena, dan setelah selidik punya selidik, ternyata antena android ini tidak ada. Antenanya berbentuk seutas kabel.
     Kemungkinan tehnisi hp dahulu setelah membongkar dan saat merakit hp ini kembali,  lalai/lupa memasang kembali antena Hp ini.
Peristiwanya sudah lama, sekitar 4 bulan yang lalu, nggak mungkin menemui si tehnisi ini setelah 4 bulan, pasti mengelak,  bisa jadi antena hp ini pun sudah tak tahu lagi di mana  rimbanya.
       LCD dan TS banyak yang jual, tapi yang jual antena android rasanya tidak ada ,  karena antena nggak pernah rusak. Cek  di situs online tidak ada yang jual antena internal . Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah  kanibalisme sesama hp, tapi dengan tipe yang sama. Hem…tambah rumit.
   Yah….sudahlah forget it, ambil hikmahnya saja..….mungkin ini  sebuah pembelajaran bagi blogger, tidak selamanya harapan sesuai dengan kenyataan. Yang namanya usaha tidak selamnya berjalan mulus, terkadang berhasil tapi terkadang juga gagal. Salah  satu project blogger yang gagal.Salam.

Kata kata bijak :

 “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka”. I Tim 6 : 10

"Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu ( Allah ) yang di sorga.  Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.  Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu ( Allah ) yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu." Matius 6 :1- 4

Tulisan lainnya :
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2017/03/musik-dan-kesehatan.htm
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2017/01/perbaikan-mesin-cuci-do-it-your-self.html
   
 

2 komentar:

  1. wah akhirnya ad web yang bisa membantu saya dalam hal membuat wordpress, artikelnya menarik dan memanjakan mata untuk di baca

    perkenalkan nama saya Titannia yulanda NIM 1822500065 dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus