Jumat, 09 Maret 2018

Uji Coba Ganti Touchscreen Android



Post by Hotman Silitonga



         Ada pepatah lama mengatakan “ Untung tak dapat diraih,malang tak dapat ditolak “.Kalau lagi apes yah apes saja.
Dua  minggu yang lalu Hp android milik blogger jatuh, yang mengakibatkan touchscreennya ( TS ) retak. Lima bulan yang lalu, pada tanggal yang sama , lokasi yang sama, di kegiatan yang sama, Hp android milik blogger juga terjatuh yang mengakibatkan LCD nya retak, tetapi  touchscreennya tidak pecah. Hp masih hidup tetapi terdapat bercak hitam yang cukup besar. Udah di bawa ke konter servis, alhasil 2 bulan menginap di konter servis Hp nggak juga kelar-kelar karena permasalahan suku cadang. Akhirnya Hp tak bawa pulang.
        Terpaksa dengan berat hati blogger harus merogoh kantong dalam dalam untuk membeli Hp baru lagi, padahal Hp lama baru berusia sekitar 6 bulan. Bloggerpun membeli  sebuah Hp  Android, android  murahan produk  china. Yang penting bisa untuk SMS,Nelp, foto, dan komunikasi jaman NOW yaitu WA an.
        Dan sampailah pada kejadian ini, dimana android  ini, yang baru berumur  3 bulan lebih   terjatuh,  yang menyebabkan TS nya retak, namun LCD nya masih bagus. Mudah mudahan bisa diperbaiki, nggak mungkin beli baru lagi, dari mana uangnya, secara blogger yang hanya pegawai rendahan dan hidup pas-pasan.
        Bloggerpun  mencari informasi sedetil mungkin tentang seluk beluk penggantian TS dan LCD android. Dari rekan blogger dan vlogger cukup banyak informasi yang didapatkan. Setelah informasi dirasa cukup bloggerpun memutuskan untuk mengganti TS android ini sendiri.
        Pada  android ini pemasangan kabel flexible TS nya menggunakan sistim socket, jadi tidak terlalu sulit. Yang sulit adalah mencari suku cadang/alat yang satu tipe dengan android ini. Dikota yang tidak terlalu besar ini nampaknya tidak tersedia suku cadang hp ini,  salah satu solusinya adalah berselancar di dunia maya. Tidak banyak lapak yang menjual TS android ini. Harga TS tidak terlalu mahal, tetapi karena pakai ongkos kirim, membuat harga TS ini jadi sedikit mahal. Setelah paket TS sampai dirumah, bloggerpun mencoba menjajal mengganti sendiri TS android   ini.


        Langkah pertama yang dilakukan adalah : membongkar hp ini.  Buka penutup belakang, copot baterai, lalu buka semua baut baut yang ada di bagian belakang, lalu lepaskan frame/bingkai hp . Hp terpisah menjadi tiga bagian, yaitu penutup belakang, bingkai/frame tengah, lalu frame bagian depan hp yang terdiri dari LCD,TS,dan mainboard android. Tempat socket TS ada dibagian atas, buka penguncinya dan cabut kabel flexible TS. Selanjutnya kita bisa menguji coba TS yang baru dengan memasang socket flexible seperti TS yang lama. Pasang baterai, hidupkan androit. Setelah hp selesai loading, gesek gesek  TS, jika ada respon,  berarti TS yang baru tidak cacat dan bisa dilanjutkan dengan pemasangan  di android.


       Langkah kedua : membuka dan melepaskan TS dari bodi depan android. Melepaskan TS dari frame depan, cukup sulit. Resiko retak /pecah cukup tinggi. Tidak salah jika mengganti LCD sering dihitung dengan biaya pembelian TS sekalian.  Ada yang menyarankan melepaskan TS pada android dengan dibantu hair dryer, untuk melembutkan lem pada TS  sehingga lebih mudah mencabutnya. Tetapi  karena TS androd milik blogger sudah retak, blogger langsung saja mencongkel TS dari framenya. Sebaiknya mencongkel menggunakan alat congkel yang terbuat dari plastic, jangan menggunkan alat congkel yang terbuat dari besi, resiko retak / pecah lebih tinggi jika menggunakan alat dari besi untuk mencongkelnya, dan juga mana tau nanti terkena LCD, dapat menyebabkan LCD nya pecah/retak. Blogger cukup hati-hati melepaskan TS dari framenya, tapi nampaknya terjadi juga retakan baru pada TS lama ini. Cukup sulit memang.


            Setelah TS berhasil di cabut, pasang kembali TS yang baru, sebelumnya perhatikan jalur masuk socket flexible yang menuju mainboard android. Setelah socket terpasang, tempelkan TS dengan lem yang bening pada frame android. Kebetulan pada TS yang baru ini sudah ada lemnya, jadi tinggal menempelkan saja.
          Langkah ketiga : Pasang kembali /satukan frame depan, frame tengah dan bodi belakang. Pasang kembali baut-bautnya, pasang baterai, tutup belakang dan hidupkan android.
         Ada sedikit trouble pada TS ini, tetapi secara umum proses penggantian berjalan dengan baik dan TS dapat berfungsi seperti biasanya. Semoga bermanfaat, Salam.

Kata kata bijak :

 “Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;  jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu”. Matius 6 :22-23

 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.  Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu ( Allah )  yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu ( Allah )  yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu." Matius 6:16-18


Tidak ada komentar:

Posting Komentar