Jumat, 29 Mei 2015

BUANG ANGIN/BLEEDING REM MOBIL SENDIRI,Sekedar Belajar....

By Hotman Silitonga AziZten Pribadi Bidan DeZa

          Minggu lalu ketika akan berangkat menuju Polindes,tiba tiba saja ditengah jalan  rem mobil seperti nggak berfungsi.Baru terasa ada pengereman setelah pedal rem diinjak dua atau tiga kali.Terpaksa mobil dipacu dengan kecepatan rendah.Biasanya lama perjalanan menuju Polindes satu setengah jam,akhirnya menjadi dua jam.Ndak apa-apalah yang penting selamat.
         Sampai di desa semua dicek.
Cek minyak rem ternyata masih full.Cek kanvas rem masih tebal.Ngolong ke bawah mobil,kali aja ada saluran yang bocor ,ternyata tidak ada.Mungkin ini yang namanya Rem Anginan…
Sepertinya ada udara yang terperangkap dalam saluran rem,sehingga saat rem dinjak,kerja minyak rem terhalang oleh udara yang terperangkap di saluran tersebut.
         Bagi seorang mekanik buang angin atau bleeding rem termasuk pekerjaan yang mudah.Paling butuh waktu 10 menit.
Tapi bagi orang seperti aku,harus musti banyak belajar 😀 
Istirahat dulu ajah ah,besok aja ngerjainnya….
Sore  hari pulang kantor, langsung ngolong ke bawah mobil 😇
         Lihat kiri kanan nggak ada orang sepi…,mo minta tolong siapa nih….soalnya untuk buang angin/bleeding rem mobil tidak bisa dilakukan seorang diri.
Nah…ada sikecilku…nampaknya sikecilku sudah bisa untuk menekan pedal rem mobil…


Bleeding rem mobil lebih bagus jika dalam kondisi mobil hidup,sehingga master remnya bekerja dan otomatis injakan pedal rem menjadi ringan..Alat yang digunakan cuma kunci ring 10.

          Ganjal semua roda mobil,dan hidupkan mesin,lakukan bleeding dimulai dari roda belakang saat knalpot mobil belum panas.Minta teman kita duduk di kabin mobil,kemudian tekan pedal rem empat atau lima kali kemudian tekan dan tahan sampai mentok beberapa detik sembari kita membuka nipple yang terdapat pada tromol roda bagian dalam .Buka dan tutup nipple secara cepat,hati2, jauhkan wajah dan kepala dari semprotan minyak rem bercampur udara  yang keluar.Setelah selesai pedal rem boleh dilepas.

        Lakukan dan ulangi hal yang sama pada roda depan.Tambahkan lagi minyak rem,karena banyak minyak rem yang terbuang saat bleeding tadi.  
Selesai deh…dan lakukan tes drive.Baru setengah pedal rem diinjak tubuh sudah seperti mau terpental ke depan.Siiiipppp.👌

Kata-kata bijak :
" Lebih baik orang miskin yang bersih kelakuannya dari pada orang yang berliku-liku jalannya, sekalipun ia kaya." Amsal 29 :6

" Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini. 
 Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali." Amsal 23:4-5

Tulisan lainnya :
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2017/05/perbaikan-sepeda-gunung.html
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2015/02/ternyata-menulis-itu-tidak-mudah.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar