Minggu, 16 September 2018

Uji Coba Memasang USB MP3 Player Pada Tape Deck



Post By Hotman Silitonga



       Dari pada manyun, kali ini bloger mencoba untuk memasang USB MP3 Player pada Tape Deck. Kebetulan di rumah ada tape deck jadul yang udah lama nggak kepakai. Kali aja masih bisa digunakan untuk mendengarkan music. Saat ini nampaknya kaset berbentuk pita magnetic sudah langka dipasaran bahkan mungkin sudah tidak diproduksi lagi akibat beralihnya teknologi pita megnetik menjadi teknologi digital.                    
      Sebelum tahun 2000 an salah satu home audio yang banyak terdapat di tengah tengah masyarakat adalah  Tape Deck.  Seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi Tape Deck mulai ditinggalkan dan orang mulai beralih ke Speaker Active, disaat yang bersamaan VCD mulai membanjiri pasaran.
    Dahulunya orang memutar lagu pada tape deck menggunakan pita magnetic, kemudian mulai beralih ke format data digital yang  disimpan dalam bentuk cakram VCD/DVD.  Dan terakhir data digital memungkinkan untuk  disimpan dalam bentuk chip memory card baik berupa flash disk maupun memory card yang ukuran fisiknya lebih kecil dari CD/DVD.
        Salah satu jenis format lagu/music  yang banyak beredar dimasyarakat adalah lagu lagu berformat MP3. Lagu lagu ini banyak disimpan di dalam flash disk,  ada juga yang menyimpannya dalam memory card. Untuk memutarnya diperlukan alat yang bernama USB MP 3 Player.
          Karena kaset pita magnetic sudah langka, maka salah satu alternative  input suara pada tape deck adalah menggunakan USB MP3 Player ini .  Bagi rekan rekan yang mengerti elektronik, memasang USB MP3 Player bukanlah sesuatu yang sulit, tapi bagi blogger yang orang awam, pemasangan ini merupakan tantangan tersendiri.
         Ok friend blogger akan mencoba memulai memasang USB MP3 Player pada tape deck.
  1.    Pertama yang dilakukan adalah membuka tutup tape deck , kemudian cek voltase arus yang masuk ke dynamo/motor pemutar kaset yang terdapat pada mekanik tape deck. Disana biasanya tertulis voltase motor/dynamo . Pada motor/dynamo mekanik tape deck milik blogger tertera bahwa voltasenya 12 Volt.
  2.   Selanjutnya blogger mencari USB MP3 Player yang menggunakan voltase 12 Volt. Di pasaran USB MP3 Player yang dijual bervoltase 5 dan 12 volt. Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan voltase yang dibutuhkan. USB MP3 Player ini blogger beli seharga 35 ribu, non bluetooth.  




   3. Karena mekanik tape deck tidak digunakan lagi sehubungan tidak adanya lagi kaset pita magnetic yang dijual dipasaran, maka blogger putuskan untuk mencopot saja mekanik tape deck ini.
  4.  Pada mekanik tape deck terdapat kabel  switch on off yang berfungsi menghidupkan dan mematikan dynamo mekanik saat tombol player di tekan/stop, sebaiknya kabel  switch ini dilepas dari mekanik dan di sambungkan saja sehingga arus selalu mengalir.
   5. Putuskan kabel yang menuju motor/dynamo mekanik sebelum mekanik tape deck dicabut.
  6.  Kabel menuju dynamo ini ada 2 jalur yaitu, positive dan negative. Sambungkan kabel ini ke jalur input power pada USB MP3 Player yang biasanya berupa 2 kabel berwarna merah dan putih. Hati hati jangan terbalik polaritasnya, hal ini akan menyebakan korslet pada USB MP 3 Player ( Rusak ).
  7.   Selanjutnya out put dari USB MP3 Player ini yang terdiri dari 3 kabel : Left Ground Right ( LGR ) dihubungkan ke Line Input Tape Deck. Line Input biasanya terdapat pada bagian belakang tape deck, menggunakan colokan sejenis RCA warna merah dan putih. 
  8.  Kemudian lanjutkan dengan pengaturan tata letak USB MP3 Player pada tape deck. Atur sesuai selera, gunakan Hot Gun/Lem Bakar  untuk menempelkannya.
    Setelah semua rangkaian  selesai dipasang,  dilakukan uji coba untuk menghidupkannya.
Hidupkan power tape deck, saat power tape deck hidup, pastikan USB MP 3 Player pun hidup. Colokkan flash disk atau memori card, biasanya USB MP3 otomatis searching data yang ada pada memory card. Perhatikan suara yang dihasilkan melalui speaker yang ada.


        Secara umum pemasangan sudah berhasil, hanya saja ada sedikit noise ketika volume suara di full kan. Tapi kalau volume suara diputar sampai  posisi jam 11, suara noise belum terdengar.
       Ok Friend demikian sedikit share pemasangan   USB MP3 Player pada Tape Deck. Semoga bermanfaat. Salam….
Tulisan Lainnya :

Kata kata bijak :

 "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang."
Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat. Matius 15:11+19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar