Minggu, 24 September 2017

Berwisata Ke Bukit Sulap



Post By Hotman Silitonga

        Hari ini cuaca cukup cerah,walaupun sedikit menyengat.Minggu lalu sikecilku mengajakku jalan-jalan ke Bukit Sulap.Namun sayang, datangnya ke sore an di obyek wisata ini,   angin bertiup   cukup kencang,sehingga operator inclinator menghentikan operasinya dikarenakan takut turun hujan dan ada pohon yang roboh.   Hari ini aku datang kembali  membawa si kecilku ke Bukit Sulap.
        Obyek Wisata Bukit  Sulap terletak di Kota Lubuk Linggau,Provinsi Sumatera Selatan,tepatnya di Jalan Bengawan Solo , Kelurahan Ulak Surung,Megang,Kota Lubuk Linggau.Dari pusat pertokoan Lubuk Linggau hanya berjarak -/+ 2 KM atau kira-kira 10 menit perjalanan.Jika anda menuju Sumatera Barat atau Bengkulu melalui jalan lintas tengah Sumatera anda akan melintasi Kota Lubuk Linggau, dan  dari kejauhan akan nampak bukit yang bernama Bukit Sulap.
        Bukit Sulap sendiri termasuk salah satu bagian dari Bukit Barisan dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat/TNKS yang membentang dari Sumatera Barat,Jambi,Bengkulu dan Sumatera Selatan.
       Saat  ini  Bukit Sulap , selain sebagai salah satu Ikon  Kota Lubuk  Linggau, dijadikan  pula destinasi  wisata  di  kota ini. Untuk memberi nilai tambah pada Bukit ini,pemerintah Kota Lubuk Linggau membangun jalur Kereta Miring/Lift Miring /Inclinator menuju Puncak Bukit, sehingga pengunjung tidak perlu bersusah payah menaikki bukit untuk melihat Kota Lubuk Linggau di ketinggian.Jarang-jarang friend bukit yang ada inclinatornya……




        Ada 3 shelter  pada jalur  inclinator ini.Setelah naik sampai di  shelter 1 untuk naik ke shelter 2 kita harus pindah Lift/Kereta.Sayangnya blogger hanya bisa naik sampai ke shelter 1 saja,dikerenakan shelter ke 2 menurut petugas yang mengoperasikan inclinator, lagi rusak dan sedang diperbaiki.Jadi nggak kesampaian menuju puncak bukit.Panjang keseluruhan jalur inclinator +/- 600 meter.
      Walaupun demikian,  blogger  sendiri sebenarnya  ketika masih SD, berusia belasan tahun pernah mendaki bukit ini sampai ke puncak,  bersama teman-teman sepermainan.Kurang lebih 35 tahun yang lalu.Menyeberang Sungai Kelingi dari Talang Rejo saat ini masuk Kelurahan Ulak Lebar ,kemudian mengikuti naluri bocah mendaki hingga sampai di tempat pembuatan batu giling, dari sini naik lagi menuju Puncak Bukit.Terdapat beberapa tumpukan batu seperti makam diatas bukit,yang disebut orang waktu itu Makam Keramat.
         Dari shelter 1 pemandangan cukup indah,walaupun pemandangan sedikit terhalang oleh pepohonan.    Jarak pandang semakin tinggi semakin luas jangkauannya.Cukup lumayanlah.
        Untuk memasuki kawasan wisata Bukit Sulap tidak dipungut biaya/gratis.Hanya dikenakan biaya parkir saja .Untuk tarif parkir motor dikenakan biaya Rp 5.000.-, sementara untuk naik inclinator dikenakan tarif Rp 10.000.- per orang, namun blogger tidak tahu pasti,  tarif ini untuk satu shelter saja atau 3 shelter sekaligus.Sementara ini inclinator hanya beroperasi pada hari Sabtu/Minggu serta hari libur lainnya, demikian menurut petugas operator.



 
 
     Demikianlah sedikit   ulasan  mengenai obyek Wisata Bukit Sulap,yang terletak di Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan, kota dimana blogger lahir,dibesarkan dan berdomisili.Salam…

Kata kata bijak :
“Melakukan keadilan adalah kesukaan bagi orang benar, tetapi menakutkan orang yang berbuat jahat.”Amsal 21 : 15

“Tipu daya ada di dalam hati orang yang merencanakan kejahatan, tetapi orang yang menasihatkan kesejahteraan mendapat sukacita”.Amsal 12:20

Tulisan lainnya :
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2017/10/lubuk-linggau-jakarta-pergi-naik.html
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar