Jumat, 19 Februari 2016

GANTI BEARING RODA DEPAN

By Hotman Silitonga aZisten Pribadi Bidan DeZa

                   
                  
                 Sudah satu tahun lebih tidak melakukan pengecekan pada roda dan kaki-kaki mobil jadul milikku.Hampir setiap minggu mobil ini dengan setia mengantarku dan my boss dari rumah menuju Polindes Muara Kasih.
                 Kebetulan hari ini lagi ada waktu dan lagi ada mood untuk mengeceknya.
Kata orang sih “Nyawa Penumpang Ada Di Tangan Supir “.Ini artinya nyawa my boss dan anakku ada di tanganku yang mengemudikan mobil.
Bagiku mengotak atik mobil merupakan hiburan tersendiri,kalaupun bermasalah nantinya paling juga bawa ke bengkel :D .
                 Cara yang umum dilakukan untuk melakukan pengecekan roda mobil adalah dengan mendongkrak mobil dan mengeceknya  satu persatu.Jangan lupa Safety First/Utamakan Keselamata.
Dongkrak mobil kemudian putar roda mobil sambil dengarkan suaranya.Jika terdengar suara yang kasar/menderu saat roda diputar ada kemungkinan bearing/laher mulai bermasalah.Kemudian pegang ban mobil pada possisi jam 9 dan jam 3 goyang goyang roda,lanjutkan pada posisi jam 12 dan jam 6.Jika terdapat spelling kemungkinan  laher/bearing rusak bertambah kuat.
               Pada roda belakang saat memutar roda letakkan salah satu tangan pada shockbreker atau per mobil rasakan getaran saat roda diputar.Kalau tidak ada getaran berarti masih bagus,tetapi kalau ada getaran kasar/bunyi gemuruh berarti peluru/kacangan laher/bearing sudah ada yang aus.
Pada roda depan, jika spelling terjadi pada jam 3 dan 9 perlu pengecekan lebih teliti lagi bisa jadi ini gangguan pada bola-bola/Tierod atau Balljoint.
              Hasil pengecekan pada mobil jadul sejuta umat milikku ,salah satu bearing roda depan bermasalah,yaitu di bagian sopir/kanan.Terjadi spelling pada posisi jam 6 dan 12.Spellingnya masih dikit dan sebenarnya masih bisa dipakai beberapa bulan kedepan,tetapi mengingat harga sukucadangnya tidak  mahal dan mudah dalam penggantian maka diputuskan ganti baru aja daripada repot ditengah jalan nantinya.
Langkah Penggantian :
-         - Dongkrak dan lepaskan ban mobil.
-         - Buka tutup dop as roda depan,buka mur as roda.
Melepaskan Rem cakram,mur as roda depan dan tromol 
-         -  Buka rem cakram,ada dua baut yang terdapat pada rem tersebut,dan lepaskan dari tromol.
-         -  Cabut tromol roda depan.Pada tromol ada dua bearing/laher, sama dengan tromol sepeda motor,hanya   
        saja  bearing bagian luar dan dalam tidak sama ukurannya.
-         -  Penggantian bearing/laher selanjutnya sama dengan penggantian bearing sepeda motor,main ketok saja boss.



-          - Setelah diganti pasang kembali,…cara memasangnya kebalikan dari langkah membukanya….

Biaya yang dikeluarkan Rp 40.000 untuk pembelian satu set bearing/laher roda kanan + 1 gelas es tebu :D .
Lama pengerjaan -/+ 1 jam.
                                                                  Part yang diganti


Catatan :
Saya bukan mekanik ya friend..Cuma menuliskan sebuah pengalaman saja :D
Cara kerja mobil bisa berbeda antar berbagai jenis dan merek.


Kata-Kata Bijak :

“ Juga oleh temannya orang miskin itu dibenci, tetapi sahabat orang kaya itu banyak”.AMSAL 14:20

“ Saudara yang dikhianati lebih sulit dihampiri dari pada kota yang kuat, dan pertengkaran adalah seperti palang gapura sebuah puri.”AMSAL 18:19

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar