Sabtu, 08 April 2017

Mendapat Rujukan Pasien : Kipas Angin



Post By Hotman Silitonga

       Hari ini saya mendapat rujukan pasien.Pasien dari bu bidan di Poskeslur.Naga-naganya nih pasien sudah nggak bernyawa lagi 😀.Pasiennya bukan  bukan berwujud manusia melainkan sebuah kipas angin yang telah lama jadi rongsokan.
     Tolong dilihat-lihat dulu kipas angin ini ,kali aja masih bisa diperbaiki.Mo beli baru nggak ada dananya.demikian kata bu bidan.Jadi mesakke…hik..hik 😢
        Ntar saya lihat ,,,,tapi Cuma lihat-lihat doang ya     Emangya saya tukang servis  ha..ha..ha.
Ok..lah tak coba lihat dulu,syukur-syukur kayak syair lagu Rek Ayo RekSopo ngerti nasib awak lagi mujur,nek ora kipase malah tambah ajur “ ha..ha..ha..
       Saat kipas di colokin ke listrik dan di hidupkan,nggak ada respon.Terpaksa semua bagian kipas angin dilepas  sampai dengan baling-balingnya hingga bagian dinamonya.Selanjutnya dilihat,diraba dan diterawang 👆…kira-kira bisa nggak yah diperbaiki.
       Sebenarnya perbaikan kipas angin tidaklah terlalu sulit.Kerusakan umum kipas angin antara lain,putaran lemah, tidak bisa geleng ke kiri maupun ke kanan.dan mati total.
Kalau putaran lemah biasanya penyebabnya karat/debu pada as dan bushingnya serta kapasitor yang mulai lemah.
      Kalau mati total,penyebabnya bisa disebabkan oleh karat dan kapasitor lemah,saklarnya rusak,kabel putus, thermofuse putus,kumparan putus/terbakar.Untuk penyebab terakhir terpaksa harus ganti dynamo baru,dan biayanya cukup mahal.Sebagian orang berfikir dari pada beli dynamo baru,lebih baik beli kipas angin baru.
      Setelah dilihat,diraba dan diterawang,nampaknya kipas angin ini  hanya rusak ringan.As dynamo kipas saat diputar terasa serat perlu di bersihkan dengan cairan anti karat.Setelah diberi cairan anti karat dan dibersihan,putaran as kipas menjadi lancar .
Melumasi as dan bushing kipas
Mengganti Kapasitor

       Dicoba untuk  melakukan pengetesan,sepertinya ada tanda tanda kehidupan.Dinamo berputar pelan lalu mati.Hem naga-naganya kapasitornya udah lemah.Kapasitor terlihat sedikit kembung.Terpaksa meluncur ke pasar beli kapasitor.Setelah diganti dan di hidupkan terdengar bunyi mendesing dari  mesin kipas angin pertanda kipas angin sudah normal kembali.
Kipas sudah bisa digunakan di Poskeslur

Sepertinya ,Saiki nasib awak  e lagi mujur.😆Salam.👌✋

Kata kata bijak :

“Hari orang berkesusahan buruk semuanya, tetapi orang yang gembira hatinya selalu berpesta.”Amsal 15:15

“Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut.”Amsal 11:4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar