Kamis, 17 November 2016

MEMASANG DINAMO MESIN JAHIT

Post By Hotman Silitonga



            Hayo,coba tebak : Profesi apa yang kerjanya cuma goyang-goyang kaki tetapi dapat duit 😀 ??? Sebuah pertanyaan yang penuh canda teman-teman waktu disekolah dahulu.Penjahit/Tailor merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Dengan penuh ketekunan dan modal yang tidak terlalu besar kita sudah bisa berwiraswasta menjadi seorang penjahit.
             Kali ini saya tidak akan membahas masalah jahit menjahit,termasuk menjahit luka 😀 ,melainkan cara memasang dynamo pada mesin jahit,yaitu mesin jahit klasik.Kalau ingat masalah jahit menjahit,jadi teringat mata pelajaran PKK waktu SMP dahulu,sayangnya mata pelajaran ini sudah dihapuskan ( kayaknya sih ),mungkin pelajaran ini nggak canggih atau ilmiah kali 😅👎 .
             Ada beberapa jenis merek mesin jahit klasik yang dijual dipasaran,antara lain : singer,standart,butterfly,dll.
Mesin jahit ini berbentuk seperti meja ada roda dibawahnya dan digerakan dengan menggoyang/menekan engkol yang ada dibawahnya.Terdapat 2 roda putar yang dihubungkan dengan bando/belt yaitu roda putar di bagian bawah yang diameternya besar dan roda putar yang diatas yang diameternya kecil.Mesin jahit ini cukup bandel,bahkan banyak yang sudah berusia diatas 30 tahun berpindah tangan dari generasi ke generasi berikutnya.
              Sebagian orang banyak yang mengganti sistim goyang/engkol mesin jahit menjadi sistim elektrik dengan menggunakan dynamo.
              Dipasaran tersedia dynamo mesin jahit dengan berbagai merek,dengan harga kisaran 100-125 rb rupiah.Ada beberapa item yang kita terima saat membeli dynamo set mesin jahit yaitu : Dinamo,Pedal beserta kabelnya,Belt/Bando.Berikut langkah pemasangannya :

1.Pastikan pada mesin jahit terdapat  lubang untuk memasukkan baut pengikat dinamo


2.Pasang Dinamo menggunkan baut yang telah disediakan

3.Pasang juga belt/bando yang menghubungkan dinamo dengan roda kecil mesin jahit.Sebelumnya lepaskan bando/belt yang menghubungkan roda besar dibawah dengan roda kecil.
Sambungkan perkabelan dan tes jalan dengan menginjak/menekan pedal 

Semoga bermanfaat,salam...


Kata Kata Bijak :

“Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.”Amsal 18:21

“Melakukan kebenaran dan keadilan lebih dikenan TUHAN dari pada (hewan) korban"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar