Sabtu, 17 Oktober 2020

Memperbaiki Dongkrak Mobil

 Post by Hotman Silitonga



Shalom  Aleichem

             Siang ini blogger berencana membawa mobil lawas milik blogger ke pedesaan,  tapi ada kendala,    salah satu ban mobil lawas  milik blogger terlihat kempes.  Blogger kemudian mencoba mendongkrak bagian roda mobil yang kempes ini,  untuk melihat apakah ada benda benda yg menusuk ban mobil ini.

            Sayangnya  saat didongkrak, ternyata dongkrak tidak mampu mengangkat roda mobil ini. Saat pompa  dongkrak ditekan , dongkrak naik, setelah pompa diturunkan  dongkrak pun ikut turun. Sepertinya ada masalah pada dongkrak ini.

            Dan ketika blogger perhatikan  sepertinya memang ada masalah pada dongkrak ini , terlihat ada sedikit rembesan oli pada celah tuas pompa dongkrak ini. Bisa jadi seal sealnya sudah ada yang bermasalah . Dongkrak ini bawaan mobil, jika mobil ini sudah berusia 15 tahun berarti  usia dongkrak ini sekitar  15 tahunan,  wajarlah sudah ada bagian bagian yang aus.

            Blogger mencoba membongkar  bagian pompa dongkrak ini untuk melihat bagian mana yang rusak, karena dari celah pompa inilah terlihat adanya rembesan oli.  Membuka bagian pompa  dongkrak ternyata tidak terlalu sulit,  cukup dengan membuka pin pin penguncinya setelah itu cabut as dan tuas pompa nya.






            Setelah tuas pompa dicabut, terlihat ada satu karet  o ring yg merupakan seal pada tuas pompa ini yang  kelihatannya sudah mulai lemah, akibatnya oli merembes keluar dan ini tentu saja mengganggu sistim hidrolik pada dongkrak ini.





            Blogger kemudian mengganti seal o ring yang ada pada tuas pompa hidrolik ini dan kemudian merakitnya kembali .  Selanjutnya oli yang keluar iseng iseng blogger ganti dengan oli mesin,  karena blogger tidak terlalu paham spesifikasi oli dongkrak ini. Semoga saja bisa dan nggak bermasalah. Oli dimasukkan ke dongkrak melalui tutup karet kecil yang ada pada tabung dongkrak. Oli diisikan dengan ketinggian sebatas tutup karet itu.




            Setelah selesai perakitan kembali , blogger mencoba menggunakan dongkrak tersebut untuk mendongkrak salah satu roda mobil blogger yang tadinya kempes dan hasilnya cukup baik. Roda mobil terangkat, dan setelah dicek tidak ada yg bocor, hanya klep nya saja yg bocor halus karena sedikit kendor, dan setelah dikencangkan dan dipompa, sepertinya tidak ada masalah.

            Ok Friend,  demikian perbaikan dongkrak mobil yang blogger coba lakukan sendiri, semoga bermanfaat. Salam.

Kata kata bijak :

“ Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya “. Amsal 14 : 8


Tidak ada komentar:

Posting Komentar