Kamis, 06 Agustus 2020

Xiaomi Redmi Note 2 : Ganti LCD, Frame dan Baterai.

Post  by Hotman Silitonga


Shalom Aleichem.

             Beberapa waktu yang lalu blogger tertarik dengan sebuah paket data internet yang cukup murah menurut pandangan blogger. Paket data tersebut seharga 100 ribuan untuk data sebesar 117 GB. Tapi sayangnya di lokasi dimana blogger berdomisili, sinyal operator tersebut cuma 1 sampai 2 bar saja di Hp blogger, sehingga koneksi internetnya sering kali terputus.

              Agar sinyal cukup bagus dan stabil maka hp tersebut blogger letakkan di tempat yg lebih tinggi , yaitu pada kusen pintu. Hasilnya agak lumayan, sinyal stabil di 2 bar terkadang naik ke 3 bar. Hp tersebut blogger jadikan tetering/hotspot sehingga beberapa Hp lain termasuk computer bisa terkoneksi ke internet melalui Hp tersebut. Sesekali hp digunakan sambil di charge, karena baterai sudah mulai soak/rusak.

              Dan sial blogger alami,  saat lagi digunakan sambil di charge , blogger buka tutup pintu dan kabel charge tersangkut ujung pintu,  akibatnya hp terpental ke lantai . LCD pun retak, timbul bintik hitam sebesar jempol di layar LCD. Tak berselang lama kejadian terulang kembali, LCD tambah melebar retaknya, separuh layar berwarna hitam, frame tengah pun patah. Hp masih hidup,  tetapi karena layar separuh sudah hitam, otomatis sangat sulit sekali kalau mau digunakan terutama sekali untuk mengetik.

               Tidak ada jalan lain kecuali mencoba memperbaiki hp tersebut, sebab mau beli hp yang baru nggak ada uangnya, secara blogger yg hanya pegawai rendahan. Nikmati  apa yang ada, seperti kata kata bijak Raja Salomo ( Nabi Sulaiman ) di Alkitab Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan" .Amsal 12:9

               Ini adalah pengantian LCD yang kedua Hp ini, Xiaomi Redmi Note 2, sebelumnya hp ini juga pernah juga ganti LCD, ganti sendiri , dan berhasil.  Blogger berani mencoba mengganti sendiri LCD Hp ini karena system koneksi LCD nya menggunakan socket. Jika menggunakan solder,  blogger yakin blogger  nggak mampu, karena ribet .

                Alat yg dibutuhkan untuk memperbaiki hp ini adalah obeng hp set beserta alat pencongkelnya beserta suku cadang yang akan diganti. Siapkan juga lem LCD  untuk menempelkan LCD pada bingkai/framenya kembali .


Adapun langkah perbaikannya sebagai berikut :

  1. -                  Buka tutup baterai, lalu copot baterai.
  2. -         Lanjutkan dengan melepaskan semua baut hp yang ada di bagian belakang hp tersebut. Selanjutnya buka frame tengah/bingkai penutup mesinnya. Frame atau bingkai ini patah dan harus diganti.
  3. -         Setelah penutup mesin berhasil di angkat, buka pengunci socket LCD TS  kemudian  lepaskan.  Buka  juga dan lepaskan  socket ON/OFF hp tersebut, lanjut buka  socket charger/power supply, socket antena, dan mesin hp pun dapat diambil. 
  4. -               Berikutnya membuka LCD TS. Congkel LCD TS dengan menggunakan alat yang tipis tetapi keras agar LCD dapat terangkat. Karena LCD sudah rusak dan mo diganti,  ya mencopotnya nggak usah ragu ragu.  Perhatiakan juga letak socket LCD TS serta jalurnya agar tidak menghalangi kita saat mencabut LCD TS.
  5. -         Setelah LCD TS berhasil di cabut, bersihkan frame / bingkainya, agar waktu pemasangan nanti tidak ada yang mengganjal.
  6. -         Selanjutnya memasang kembali, caranya adalah kebalikan dari membukanya. Siapkan lem khusus LCD untuk melekatkan LCD pada frame  agar LCD menempel dengan kuat pada bingkai.



       Setelah LCD baru terpasang dan mesin serta semua socket socket tersambung, kemudian pasang baterai yang baru, dilanjutkan tes fungsi dengan cara Hp dihidupkan . Terlihat LCD menyala bagus, layar sentuhnya juga berfungsi normal. 
        Berikutnya lepas baterai , pasang  frame tengah/penutup mesin yang baru, lanjut dengan mengencangkan baut bautnya, dilanjut lagi dengan memasang baterai baru, pasang penutup/cover belakang . 
Selesai sudah penggantian LCD, Frame tengah/penutup mesin serta ganti baterai Xiaomi Redmi Note 2. Total biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 250.000.- . Semoga bermanfaat, salam.

Kata kata bijak :

“ Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.”Amsal 24:10

“Jangan menjadi marah karena orang yang berbuat jahat, jangan iri kepada orang fasik.  Karena tidak ada masa depan bagi penjahat, pelita orang fasik akan padam”. Amsal 24:19-20


Tidak ada komentar:

Posting Komentar