Minggu, 05 Juli 2020

Membuat Rak Tanaman Hias


Post by Hotman Silitonga


Shalom Aleichem
               Belakangan ini blogger perhatikan banyak kaum emak emak berburu bunga/tanaman hias  untuk koleksi , termasuk emak emak di rumah ini. Bahkan pagi tadi saat blogger melintas di lapangan di pusat kota ini, sebuah lapak yg menjual tanaman hias ramai dipadati oleh kaum emak emak . Yang jelas bukan emak emak rempong ya guy,  ntar gua dilempar  pot bunga oleh  mereka wkwkwkw :D ( bercanda guy ).
                Bisa jadi  memelihara tanaman hias dapat menghilangkan rasa jenuh/bosan dirumah akibat effek Stay At Home karena  Covid 19,  sekaligus untuk menyenangkan/menggembirakan hati. “ Hati Yang Gembira Adalah Obat Yang Manjur, Tetapi  Semangat  Yang  Patah  Mengeringkan  Tulang “ demikian sebuah Nats yang tertulis di Alkitab, Amsal 17:22 .
               Yang jadi masalah setelah ada beberapa  tanaman hias, emak emak di rumah minta pula dicariin raknya.  Hem…ya udahlah..kita coba berkreasi sendiri  sajalah . Kebetulan ada banyak  besi bekas di belakang rumah. Ada bekas tiang tensimeter berdiri yang tidak berguna, tak coba dimanfaatin saja tiang tensimeter  ini.  Dahulunya tensimeter berdiri ini sengaja dibuat sendiri untuk alasan mempermudah pekerjaan di Polindes. Tapi karena sudah nggak di Polindes lagi , yah dimanfaatin saja besinya.







                Ok,,,friend,  kita coba buat rak bunga sendiri memanfaatkan besi bekas yang ada. Bahan dasar yang  blogger gunakan adalah   tiang tensimeter bekas, besi behel bekas  ukuran 8 mm , terali lobang angin bekas untuk tapakannya.
Cara membuat : Besi behel dibentuk  lingkaran  selebar pinggang/leher pot bunga, gunanya adalah tempat meletakkan pot bunga. Untuk membuat besi melingkar berbentuk lingkaran blogger memanfaatkan dongkrak buaya dan kunci behel  ( lihat gambar ). Jumlah lingkaran besi  yang akan digunakan bisa diatur sendiri termasuk diameter  lingkarannya.  Lingkaran behel tersebut lalu di las pada tiang tensimeter tersebut. Lingkaran behel bisa disusun secara vertical maupun horizontal pada tiang tensimeter , tergantung selera.  Setelah dilakukan pengelasan dan dirasa sudah cukup cantik dan kokoh tentunya karena lingkaran behel tersebut akan menahan beban berat dari pot bunga, selajutnya bisa langsung di cat.


   
                 Kayaknya sih menurut blogger tidak terlalu sulit untuk membuat rak bunga seperti bentuk yang blogger buat, namun demikian  cukup melelahkan juga mengerjakannya,  karena hampir seharian penuh waktu blogger terkuras membuatnya.
                 Ok friend demikianlah sedikit share cara membuat rak bunga yang cukup melelahkan ini, semoga bermanfaat, salam.   

Kata Kata Bijak :
“ Orang yang bermalas-malas dalam pekerjaannya sudah menjadi saudara dari si perusak”. Amsal 18:9

“ Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan”. Amsal 12:9


              
                  
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar