Sabtu, 23 November 2019

Jupiter Z : Perbaikan Dynamo Starter


Post by Hotman Silitonga



Shalom Aleichem
           Sudah beberapa bulan ini, motor blogger Jupiter Z sedikit bermasalah dengan dynamo starternya. Saat tombol starter di tekan  cuma  terdengar bunyi  cetak cetik pada  bendik/relaynya.. …sesekali terkadang berputar  pelan dynamo starter, terkadang tidak . Sepintas lalu seperti aki/baterainya mulai bermasalah.
        Tetapi setelah diganti  Aki/Baterai baru  tetap saja motor susah untuk  di starter. Sepertinya harus dibongkar nih dynamo starter untuk mengetahui letak masalahnya.
Kebetulan weekand ini blogger  nggak ada kerjaan, dari pada manyun,  ya udah tak coba bongkar sendiri saja, siapa tahu bisa.
      Dinamo starter Jupiter Z  terletak dibawah mesin, terlindung  oleh  cover pelindung mesin. Karena terletak dibagian bawah otomatis bersentuhan dengan oli mesin. Saat dynamo dicopot dari mesin , maka olie mesin pun akan keluar dari lubang tempat dynamo starter tersebut berada . Untuk itu maka perlu di siapakan alat penampung oli mesin,  saat mo mencopot dynamo starter.
        Sebelum memutuskan untuk membongkar dynamo starter pastikan terlebih dahulu relay/bendik dynamo starter dalam kondisi baik, sebab sering juga permasalahan dynamo starter sulit atau nggak mau hidup dikarenakan relay/bendiknya yang rusak.
Relay/Bendik dynamo starter akan berbunyi  terlebih dahulu saat tombol starter ditekan,  lalu diikuti dengan berputarnya dynamo starter. Relay dynamo starter motor ini masih bagus hal ini dapat  terlihat dari bunya bendik/relay  saat  tombol starter di tekan serta masih berputarnya dynamo starter walaupun pelan dan serat.
       Untuk melepas dynamo starter,  terlebih dahulu cover pelindungnya yang ada di bagian bawah mesin dilepas, kemudian kabel merah dari relay/bendik yg  menuju  dynamo starter juga di lepas.  Buka/copot  2 buah baut yang mengikat dinamo starter dengan mesin.  Setelah dua baut oengikatnya di copot, cabut dynamo starter, jika sulit dapat sedikit dicongkel. Sebelumnya pasang tempat penampungan olie di bawah dynamo starter, agar saat dynamo starter di copot , olie yang keluar dari lubang tempat dynamo tersebut berada langsung masuk ke bak penampungan.




        Selanjutnya lakukan pengecekan rotor/anker  dynamo starter. Rotor/anker terdapat di dalam dynamo starter. Untuk mengeceknya copot  dua buah baut yang ada di bagian belakang bodi dynamo starter,  lalu tarik/cabut bodi dynamo starter tersebut  dan terlihat rotor/anker dynamo starter tersebut.  Dari hasil pengamatan blogger terhadap bagian dalam dynamo starter ini adalah banyaknya kotoran   yang menempel di bagian dalam dynamo starter ini . Banyaknya kotoran ini besar kemungkinan menghalangi kontak kelistrikan antara arang carbon/carbon brush  dengan rotor, sehingga daya listrik yang masuk tidak mencukupi untuk memutar rotor.  Sementara keadaan rotor sendiri masih cukup bagus.




       Blogger kemudian melakukan pembersihan ruang dalam dynamo starter tersebut. Bagian rotor yang bersentuhan dengan arang carbon/carbon brush di ampelas dengan menggunakan ampelas halus. Kondisi carbon brush masih bagus, belum perlu diganti.
    Setelah dilakukan pembersihan kemudian perakitan kembali dynamo starter tersebut. Sebelum dipasang kembali ke mesin motor, blogger mencoba melakukan pengetesan terlebih dahulu pada dynamo starter tersebut dengan menggunakan aki/baterai.  Caranya : Bagian bodi dynamo starter di tempelkan dengan kutub negative aki/baterai sementara kabel yang ada pada bodi dynamo starter langsung ditempelkan pada kutub positive baterai/aki. Hasilnya dynamo starter terlihat berdesing berputar, pertanda fungsi dynamo starter sudah normal.
          Selanjutnya memasang  kembali dynamo starter pada mesin motor berikut  cover pelindungnya, serta  kabel dari dynamo starter yang menuju ke re relay/bendik.
Masukkan kembali oli mesin tadi yang keluar saat  dynamo starter dilepas. Kemudian lakukan pengetesan. Saat tombol starter ditekan dynamo starter langsung berdesing berputar dan mesin pun langsung hidup….Mantap …Berhasil juga akhirnya memperbaiki dynamo satarter Jupiter Z lawas milik blogger…Salam…………

Kata kata bijak :
“ Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik”. II Timotius 3 : 16-17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar