Minggu, 23 Juni 2019

Mengganti V Belt Motor Matic


Post by Hotman Silitonga

Shalom Aleichem

             Secara tak sengaja  blogger memperhatikan  plat nomor sepeda motor matic milik blogger. Ternyata bulan depan motor ini harus bayar pajak dan ganti  STNK  serta plat nomornya. Itu artinya motor ini telah memasukki usia 5 tahun. Mengingat usia motor  yang telah memasukki usia 5 tahun, blogger jadi kepikiran untuk melakukan pengecekan dan mungkin sekaligus melakukan pengantian V Belt nya.
              V Belt  terbuat dari material karet bercampur serat, sudah pasti akan retak retak jika terkena panas  akibat gesekan/putaran selama pemakaian  bertahun tahun. Jika tidak di cek dan diganti,  V Belt ini bisa putus diperjalanan, akibatnya roda belakang motor tidak mau berputar..
                Agar V Belt tidak putus diperjalanan solusinya yaitu melakukan pengecekan secara rutin dan melakukan penggantian bilamana perlu. Apalagi motor ini dikendarai oleh wanita, jika tiba tiba putus dijalan kan repot jadinya.
                Fungsi V Belt sendiri hampir sama  dengan fungsi rantai dan gear pada sepeda motor non matic yaitu memindahkan energi yang dihasilkan mesin menjadi energy putar pada roda. Bedanya V Belt dilindungi dengan cover yang tertutup  rapat, sehingga  sulit untuk mengecek kondisinya, sementara pada sepeda motor yang menggunakan gear set, pengecekan  rantai dan gear lebih mudah karena  dapat dilihat langsung dengan mata telanjang.  
    Kondisi  V Belt dan Pulley motor matic memang harus terjaga kebersihannya, jika banyak kotoran yang menempel pada V belt dan pulley dapat menyebabkan putaran pulley dan V Belt menjadi slip .
               Ok Friend, pada kesempatan ini blogger akan mencoba melakukan pengecekan dan sekalian melakukan penggantian V Belt motor matic milik blogger ini.
             Sebelumnya blogger belum pernah melakukan penggantian V Belt motor matic , dan ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi blogger untuk melakukan penggantian sendiri. Penggantian V Belt motor matic sedikit lebih rumit dibandingkan dengan penggantian gear set pada sepeda motor non matic.
               Untuk Harga V Belt matic  sendiri tidak terlalu mahal, hampir sama dengan harga gear set pada sepeda motor biasa di kisaran seratus ribuan rupiah, dengan catatan mangkok  pulley depan dan belakang tidak diganti.

Berikut  langkah langkah yang blogger coba lakukan untuk mengganti V Belt Honda Spacy milik blogger  :
   1.      Buka dan copot filter udara untuk mempermudah pembukaan cover V Belt, sekaligus bersihkan filter udaranya, mengingat sudah 5 tahun nggak pernah di bersihkan dan kondisinya sudah kotor sekali.

          2.      Buka baut cover V Belt dengan kunci sok 8 mm, kemudian buka cover. 


         3.   Selanjutnya pengecekan kondisi fisik V Belt, terlihat mulai terdapat sedikit retakan  pada V Belt. Kayaknya memang harus diganti. Sesuai petunjuk tehnis motor sebaiknya V Belt diganti sebelum 25000 KM perjalanan. Motor matic blogger termasuk jarang dipakai, Speedometer baru mendekati 24000 KM untuk pemakaian selama 5 tahun.


         4.     Untuk mengganti V Belt maka Pulley depan dan Pulley belakang harus dilepas. Disini blogger menemukan sedikit kendala. Bagaimana caranya agar kedua pulley ini  tidak bergerak sewaktu blogger memutar kunci. Disini juga di butuhkan alat penahan pulley agar tidak bergerak. Pada pulley depan terdapat gigi gigi yang berhubungan dengan dynamo starter, dan gigi gigi ini dapat dijadikan penahan agar pulley tidak bergerak sewaktu kunci diputar dengan cara memasang gigi statis di bawahnya. Gigi statis ini dapat dibuat sendiri dari plat tebal atau memanfaatkan gear depan bekas sepeda motor lama yg banyak terdapat di bengkel bengkel.


       5.      Pada pulley belakang terdapat beberapa lobang pada mangkok kopling yang dapat dijadikan celah penahan agar pulley tidak bergerak sewaktu kunci diputar. Ada banyak ide untuk membuat alat penahan pulley ini, yang jelas memang butuh sedikit pengelasan. Untuk alat penahan pulley belakang blogger buat sendiri dari gear belakang motor lawas yang bekasan, plus 2 buah  baut 14 mm, panjang 1,5 inc, dengan 4 buah mur. Tangkai penahan blogger memanfaatkan besi bekas 10 mm milik blogger. Hasilnya bisa lihat di gambar di bawah.

 

        6.      Setelah kedua pulley berhasil di copot lalu diperiksa kondisi kedua pulley terutama mangkok mangkoknya dimana V Belt ini berputar. Kemudian cek pula roller yang terdapat di pulley depan. Pulley tidak boleh goyang/oblak. Cek pula kondisi laher atau bearingnya.
          7.      Pada motor matic blogger kondisi kedua pulley masih bagus , hanya V belt dan rolernya saja yang sudah sedikit aus. Di toko spare part  ada  dijual roller dan V Belt satu set, jadi tinggal beli yang satu set saja.



         8.      Pemasangan dan penggantian V belt dan Roler tidak terlalu sulit, hanya saja saat proses pelepasan V Belt dan Roller harus betul betul diingat, sehingga saat memasang kembali tidak kelupaan. Bila perlu di foto pakai kamera handphone.
         9.      Setelah dilakukan penggantian dan dilakukan tes ride, semuanya berjalan sukses. Butuh waktu 3 jam lebih untuk melakukan penggantian V Belt berikut membuat alat penahan pulley agar tidak bergerak. Untuk kedepan mungkin hanya butuh waktu 30 menitan untuk penggantian V Belt.
       Ok, friend demikianlah sedikit tulisan mengenai penggantian sendiri V Belt motor matic milik blogger yang blogger lakukan sendiri . Ada kebahagian sendiri bagi blogger ketika berhasil mengatasi suatu persoalan yang blogger alami dalam kehidupan sehari hari. Bahagia itu bagi blogger sederhana, bahkan sangat sederhana. SALAM….

Kata kata bijak :
“ Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa/Allah  tidak ada di dalam orang itu”. 1 Yoh 2:15

"Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu." Lukas 12:15


Tidak ada komentar:

Posting Komentar