Sabtu, 01 Desember 2018

Uji Coba Menggunakan USB Wireless Wifi



Post By Hotman Silitonga



              Beberapa bulan yang lalu banyak waktu yang dihabiskan oleh blogger untuk upload data data melalui computer PC. Agar dapat terkoneksi dengan internet maka dibutuhkan alat tambahan berupa modem. Yang paling simple adalah menggunakan USB modem. Tinggal colok, lakukan pengaturan, langsung bisa tersambung dengan internet dan google.
              Sayangnya modem milik blogger yang biasanya  digunaan untuk berselancar di dunia maya sepertinya ada masalah saat digunakan. Koneksi internet ke google selalu terputus setelah beberapa menit digunakan. Dan kejadian ini selalu berulang ulang. Dari beberapa analisa yang blogger lakukan nampaknya kerusakan terjadi pada piranti elektronik yang terdapat pada modem itu sendiri. Tak ada solusi lain kecuali beli baru.
              Masalahnya uang dikantong lagi nggak ada. Mo beli baru cukup membebani, untuk modem USB  3G harganya sekitar 200 ribuan, sementara untuk yang 4G harganya lebih mahal lagi.
              Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah memanfaatkan Hotspot pada android. Sayangnya PC milik blogger tidak terdapat fasilitas wireless wifi . Tidak semua PC dilengkapi dengan wireless wifi, apa lagi computer PC kelas lowprice/murah dipastikan tidak memilikki wifi. Beda dengan laptop, hampir semua laptop dilengakapi fasilitas wireless wifi
            Blogger sendiri lebih suka menggunakan PC dari pada laptop, karena monitor  PC  bisa diganti dengan  monitor yang lebih besar yakni yang ukuran 20 inch, keyboardnya juga tahan banting, dan lebih tangguh, walaupun ada pula kekurangannya.
             Agar dapat terkoneksi dengan hotspot, blogger butuh Wireless wifi eksternal.  Yang paling simple adalah menggunakan USB Wifi Eksternal.
             Harga USB wirelees  wifi juga ternyata nggak terlalu mahal , sekitar 40-50 ribu, cocoklah dengan keuangan blogger, dan bloggerpun mencoba menggunakan USB Wirelees Wifi untuk koneksi internet, mengganti USB Modem blogger yang sudah rusak.
Setelah USB Wireless Wifi dibeli, blogger mencoba untuk menggunakannya, caranya
yaitu :     
              Pertama : Install aplikasi yang disertakan melalui CD installing, lalu jalankan aplikasi. Pasangkan USB Wireless pada slot USB yang tersedia, biasanya PC akan langsung detect . Jika nggak detect mungkin perlu restart. Lanjutkan dengan melakukan  setting profile , SSID dan password bila diperlukan. Pengaturan bisa dilakukan dengan masuk ke menu taskbar, terletak di sebelah kanan bawah dengan logo sinyal yang ada tulisan IEEE802.11 WLAN. 



         Yang kedua :   lanjutkan searching sinyal Hotspot Wifi yang ada disekitar blogger, serta tidak lupa mengaktifkan hotspot wifi android milik blogger sendiri. Dari hasil searching didapat beberapa hotpot yang aktif,  salah satunya sinyal wifi yang dipancarkan oleh android blogger. Blogger mencoba koneksi dengan hotspot androit milik blogger, sebelumnya atur terlebih dahulu   sandi keamanan antara wifi computer dengan wifi hotspot android. Setelah tersambung blogger mencoba searching ke google dan berhasil.
          Dari segi kecepatan download tidak ada bedanya dengan menggunakan usb modem, tergantung kondisi traffic pengggunaan jaringan. Dibawah ini hasil uji kecepatan download/transfer  saat subuh, dimana trafic pengguna data belum terlalu sibuk, menggunakan android 3G.

       Ada satu kelemahan koneksi melalui hotspot android yaitu lama koneksi tergantung dengan kondisi baterai android. Jika baterai android habis berarti stop juga koneksi dengan internet. Beda jika menggunakan usb modem, menggunkan usb modem bisa connect 24 jam karena daya listriknya di supply oleh PC itu sendiri.
          OK, friend demikian sedikit uji coba penggunaan USB wireless wifi. Semoga bermanfaat. Salam.

Kata Kata Bijak :
 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.  Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.”Matius 7 : 1-2

              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar