Sabtu, 23 April 2016

TAMPAL BAN TUBELESS



By Hotman Silitonga aZizten pribadi Bidan deZa     
      
           Perjalanan pulangku dari Polindes menuju kediamanku minggu ini terasa sedikit na’as.
Dalam perjalanan ban mobilku dua kali mengalami kebocoran.
Bocor pertama mobil masih bisa dikendarai beberapa belas kilometer.
Bocor kedua setelah sampai dan diparkir beberapa jam ban mulai terlihat kempes.
          Walaupun mobilku wes KERI ( Ketinggalan ) tapi semua ban nya masih menggunakan ban tubeless  ( tanpa ban dalam ).
Kelebihan ban tubeless,jika ban bocor tertusuk paku ban tidak langsung kempes.Beda dengan ban yang menggunakan ban dalam,saat tertusuk paku langsung kempes.
          Bagi  yang tidak mau pusing,mungkin langsung saja ke TemVel Ban.Tapi kali ini saya mo bereksperimen mencoba nempel ban sendiri,kebetulan ada kompresor listrik nganggur di rumah.
          Setelah ban mobil dicopot,periksa ban mobil,barangkali masih ada paku atau benda lain yang masih menempel di ban yang menyebabkan bocor.
Kalau tidak ada,isi angin ban hingga tekanannya 5 Psi diatas pemakaian sehari-hari.Ban mobilku yang bocor tekanan anginnya 35 Psi maka pompa hingga 40 Psi,tujuannya agar angin yang keluar dari ban yang bocor cepat ketahuan lokasinya.

           Masukkan ban dalam air,atau kuaskan air sabun pada permukaan ban agar lokasi bocor segera diketahui.Beri tanda daerah yang bocor,lalu keringkan.
Ambil tempel ban kit,bisa dibeli di supermarket/Toko tehnik,harganya 25-30 ribu,bisa untuk 10-15 kali nempel.Dalam kit tersebut terdapat bor tusuk untuk memperbesar lubang yang bocor dan penusuk karet tempel.

          Perbesar lubang yang bocor dengan bor tusuk dan masukkan karet tempel pada penusuknya dan tusukkan pada lubang yang bocor hingga amblas semuanya dan tarik lagi keatas hingga karet tempel keluar dari permukaan ban kira-kira 1 cm,kemudian lepaskan alat penusuuknya dengan pisau atau cutter.




          Selesai dah...Kayaknya mudah ya nemVel ban tubeless,apa karena saya turunan orang Utara ya..makanya urusan temVel menemFel sepertinya sangat mudah ? :D  ha.ha.ha…( only Joke friend ).  

Kata kata bijak :

" Orang fasik menerima hadiah suapan dari pundi-pundi untuk membelokkan jalan hukum".Amsal 17:23

"Roti hasil tipuan sedap rasanya, tetapi kemudian mulutnya penuh dengan kerikil."Amsal 20:17





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar