Jumat, 03 April 2015

GANTI KANVAS KOPLING MOBIL SENDIRI : UJI ADRENALIN………

GANTI KANVAS KOPLING MOBIL SENDIRI : UJI ADRENALIN………
By Hotman Silitonga,aZiZten Pribadi Bidan DeZa.



             Akhir2 ini ada perubahan terasa pada mobil yang sudah 10 tahun menemani bertugas di Polindes.
Tenaga mobil  mulai terasa drop,terasa ada getaran pada kabin mobil ketika berjalan,serta terdengar dengungan antara mesin dan roda.
             Segera cari informasi di dunia nyata dan dunia maya :D …kesimpulannya,kemungkinan penyebab tenaga mobil drop terutama saat tanjakan adalah kanvas kopling  sudah tipis.
Mo bawa ke bengkel,takutnya nanti antri ,atau  mobil tinggal dahulu 1 atau 2 hari.Repot….ah..
             Akhirnya kuputuskan bongkar pasang sendiri…Tapi gimana caranya..?????Aku sangat awam tentang permobilan,tetapi aku tertarik untuk mempelajarinya…
Hanya INTERNETLAH tempatku mengadu 😇😀
Semua situs dikunjungi,tapi belum lengkap informasi yg didapatkan.Akhirnya Masuk ke YOU TUBE….ternyata  versi Indonesia sangat minim.Coba pake kata kunci Bahasa Inggris walaupun pas-pasan 👎😀 ..akhirnya ada juga yang versi lengkap bongkar pasang kanvas kopling mobil
Beginilah Tahapanku Mengganti Kanvas Kopling Mobil Sendiri .
Sebelum bongkar Gear Box/Blog Transmisi pastikan kunci-kunci lengkap.
          Peralatan minimum yang dibutuhkan antara lain Kunci Sok 1 set,Kunci Ring 1 set,Obeng Plus Minus,Dongkrak Putar dan Dongkrak Botol,Martil,Tang,Pahat Besi,Kotak terbuat dari Papan,Kacamata dan Sarung Tangan bila diperlukan,serta kamera jika takut lupa cara memasang kembali.

              Langkah pertama : Dongkrak roda belakang secukupnya,dan ganjal roda dengan kayu balok,agar kita leluasa ngolong dibawah.Pastikan Rem tangan terkunci.Buka empat buah baut yang menyatukan bohel /Propeller shaft dengan gardan.Cabut bohel dan amankan.


Langkah kedua    : Lepaskan Kabel pemindah gigi dari tuasnya,ada 2 kabel.Lepaskan juga kabel kopling/persneling.Lepaskan juga switch lampu mundur dan kabel speedometer.Semuanya tersambung di Blog Transmisi/Gear Box.
Langkah ketiga    : Lepaskan kutub postif aki/baterai
Langkah ke empat : Pasang Kotak persegi dibawah Gear Box,dan lepaskan baut penahan gear box dari gantungannya.Dibagian ini terdapat karet peredam getaran,lalu lepaskan dynamo starter.Pada mobil Carrry 1.0 setelah baut dynamo starter dilepas,ternyata hanya tinggal dua baut lagi yang menyatukan gear box dengan bagian mesin mobil.Jadi sesungguhnya hanya ada empat buah baut yang menyatukan gear box dengan mesin mobil.Sangat Simpel Sekali.
Langkah ke lima   : Lepaskan dua baut yang tersisa.Goyang perlahan Gear Box agar lepas dari bagian mesin.Jika sulit lepas,coba cari posisi dimana kita bisa memasukkan pahat besi dan diungkit perlahan sampai Gear Box terlepas dari Mesin.Pastikan Gear Box berada diatas Kotak Papan,sehingga Gear Box tidak jatuh saat terlepas dari Mesin Mobil.Selesai deh…….






           Lanjutkan dengan membuka 6 buah baut yang terdapat pada matahari/dekrup.Lihat kanvas kopling,matahari/dekrup serta pilot bearing/Klaher yg terdapat pada Fly Whell/Roda Gila serta Cluth Release Bearing /Klaher penekan matahari.
Teryata Kanvas Kopling Mobilku sudah tipis,paku-paku kelingnya udah hampir sejajar kanvas kopling.Plat Matahari sudah termakan Release Bearing,serta Pilot Bearing sudah oblak.
Jadi Kanvas Kopling,Matahari/Dekrup,Pilot Baearing semua diganti.


            Agak bingung juga gimana cara mencopot Pilot Bearing.Searching di Internet…ternyata cara mencopotnya gampang,hanya menggunakan tisu basah yg disempalkan pada lubang klaher tersebut.Setelah penuh masukkan besi behel seukuran lubang klaher tersebut,kemudian pukul besi tersebut perlahan,kemudian masukkan lagi tisu basah.Demikian berulang-ulang.Karena tisu basah tersebut penuh,maka tisu tersebut mendorong klaher keluar saat kita memasukkan besi dan memukulnya perlahan pada lubang klaher tersebut.
           Memasang kembali Pilot Bearing,Kanvas Kopling serta Matahari kebalikan saat kita melepaskannya.
Untuk memasang kembali Gear Box ke Mesin mobil gunakan dongkrak.Dongkrak Gear Box agar sejajar dengan lubang baut yg ada di Blog Mesin,kemudian dorong perlahan.Jika belum pas masuk diblog mesin,boleh sedikit di goyang.Pasang kembali kabel kopling,kabel gigi/transmisi,kabel speedometer,kabel baterai,switch mundur,Baut penahan Gear Box,serta bohel.
Tes Jalan,baca doa dulu sebelumnya😀
            Petualanganku ini cukup memacu adrenalin….rasa cemas,takut gagal menjadi satu…butuh waktu 14 jam mengerjakannya seorang diri😀
            Kini Mobil Yang selalu menemani Bossku di Polindes sudah kembali stabil tenaganya….
Salah satu Bearing/Laher roda depan ternyata sudah oblak,itulah penyebab getaran terasa pada lantai depan mobil saat berjalan.Salah satu ban depan juga habis sebelah,sehingga menimbulkan suara dengung.Setelah bearing/laher diganti dan roda di rotasi perjalananpun menjadi nyaman dan tenang……rasa cemaspun hilang…
Rincian biaya :
- Kanvas Kopling Exedy            : 150.000
- Matahari/Dekrup SGP Aisin    : 230.000
- Pilot Bearing/laher NTN           : 25.000
- Laher Roda Depan Koyo          : 20.000


Cukup murah untuk  Bidan Desa yang serba pas-pasan tetapi ingin memiliki mobil pribadi.Tidak salah jika Carry 1.0 disebut mobil SEJUTA UMAT👋👌

Kata Kata Bijak :
"Ada orang yang berlagak kaya, tetapi tidak mempunyai apa-apa, ada pula yang berpura-pura miskin, tetapi hartanya banyak." AMSAL 13:7

"Huma orang miskin menghasilkan banyak makanan, tetapi ada yang lenyap karena tidak ada keadilan ."Amsal 13:23

Tulisan lainnya :
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2018/08/mengenal-doa-bapa-kami-lords-prayer.html
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2015/01/polindesku-yang-sering-kebanjiran.html


1 komentar:

  1. buk bidan.........kreatif .ni dia contoh bidan yang update dan menyesuaikan tekhnologi.........cerdas....

    BalasHapus