Post
by Hotman Silitonga
Shalom
Aleichem
Sudah sejak dua tahun yang lalu
blogger ingin mengganti/ lower arm/balljoint Suzuki carry 1.0 milik blogger.
Tapi belum ada keberanian, disamping alat alatnya sendiri belum cukup.
Sementara suku cadangnya sendiri
sudah lama di beli.
Tiap kali melewati jalan
berlubang atau bebatuan terdengar bunyi tok tok tok pada roda sebelah kiri
mobil ini . Tanda tanda bahwa balljoint sudah oblak. Suatu hal yang wajar , 10
tahun lebih mobil ini setiap minggu melewati jalanan yang tidak terlalu bagus.
Kwalitas jalan yang dilalui sangat berpengaruh pada umur balljoint mobil.
Balljoint yang berbentuk seperti
kelereng bertangkai terbuat dari besi akan
berbenturan dengan rumah/dudukannya yang
juga terbuat dari besi karena oblak saat melewati jalan yang rusak/berbatu dan
ini akan menimbulkan bunyi . Pada kondisi yang parah sekali , balljoint
ini dapat keluar dari rumah dudukannya , dan jika ini terjadi akibatnya sangat berbahaya
sekali.
Saat ini peralatan dirasa sudah
cukup memadai untuk mengganti lower arm/balljoint sendiri ditambah lagi kemarin
berhasil membuat treker tierod dan ini sangat membantu sekali mempercepat
proses penggantian.
Berikut ini langkah langkah
penggantian lower arm/balljoint Suzuki Carry 1.0 yang blogger lakukan sendiri :
Langkah
pertama : dongkrak sasis mobil dibagian roda yang bermasalah balljointnya.
Biarkan posisi roda terjuntai menggantung. Jangan lupa aspek keamanan
diperhatikan , pastikan posisi dongkrak berada pada kondisi yang aman. Kemudian lepas roda/ban nya. Lepas sambungan tierod
pada knuckle , lanjut melepas baut
stabilizer yang ada pada lower arm , terakhir lepas sambungan knuckle dengan
shocbreaker. Ada tiga sambungan/joint pada ujung lower arm/ball joint. Terakhir
adalah melepas pangkal lower arm dari dudukannya dipalang besi besar di bawah
lantai mobil dengan melepas baut mur as nya.
Proses pelepasan lower arm/balljoint berjalan dengan baik.
Langkah
kedua : adalah melepas sambungan knuckle dengan balljoint/lower arm. Melepasnya cukup mudah ,
kendorkan mur ball joint hingga sama datar dengan ujung tangkai balljoit,
kemudian pukul mur tersebut hingga ball joijnt terlepas dari knuckle. Setelah
terlepas , masukkan kembali knuckle pada
balljoint yang baru, kencang kan bautnya
dan jangan lupa pasang juga pin pengamannya. Lanjut dengan memasang lower arm/balljoint
terlebih dahulu pada dudukannnya di besi palang di bawah lantai mobil, baru
kemudian disambungkan dengan shocbreaker . Pasang kembali sambungan link
stabilizer dan tierod pada knuckle. Setelah semua sambungan dirasa sudah kuat,
pasang kembali roda depan dan dongkrak sasispun bisa diturunkan.
Proses penggantian balljoint/lower
arm berjalan dengan baik, dan saat dialakukan tes jalan di jalan yang berbatu ,
suara suara yang dirasa cukup mengganggu selama ini tidak terdengar lagi.
Demikianlah sedikit share proses
penggantian balljoint/lower arm yang blogger lakukan sendiri. Semoga
bermanfaat.
Kata kata bijak :
“
Seperti bapa sayang kepada anak anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang orang yang takut akan Dia” Mazmur/Zabur
Nabi Daud 103:13
“ Siapa menyesatkan orang jujur ke jalan yang
jahat akan jatuh ke dalam lobangnya sendiri, tetapi orang-orang yang tak
bercela akan mewarisi kebahagiaan”. Amsal Nabi Sulaiman
28:10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar