Sabtu, 25 September 2021

Mengganti lower arm /balljoint Suzuki Carry 1.0

 

Post by Hotman Silitonga


 

Shalom Aleichem

              Sudah sejak dua tahun yang lalu blogger ingin mengganti/ lower arm/balljoint Suzuki carry 1.0 milik blogger. Tapi belum ada keberanian, disamping alat alatnya sendiri  belum cukup.  Sementara suku cadangnya sendiri  sudah lama di beli.

             Tiap kali melewati jalan berlubang atau bebatuan terdengar bunyi tok tok tok pada roda sebelah kiri mobil ini . Tanda tanda bahwa balljoint sudah oblak. Suatu hal yang wajar , 10 tahun lebih mobil ini setiap minggu melewati jalanan yang tidak terlalu bagus. Kwalitas jalan yang dilalui sangat berpengaruh pada umur balljoint mobil.

             Balljoint yang berbentuk seperti kelereng bertangkai terbuat dari  besi akan berbenturan dengan  rumah/dudukannya yang juga terbuat dari besi karena oblak saat melewati jalan yang rusak/berbatu dan ini  akan menimbulkan bunyi  . Pada kondisi yang parah sekali , balljoint ini dapat keluar dari rumah dudukannya , dan jika  ini terjadi akibatnya sangat berbahaya sekali.

       Saat ini peralatan dirasa sudah cukup memadai untuk mengganti lower arm/balljoint sendiri ditambah lagi kemarin berhasil membuat treker tierod dan ini sangat membantu sekali mempercepat proses penggantian.

       Berikut ini langkah langkah penggantian lower arm/balljoint Suzuki Carry 1.0 yang blogger  lakukan sendiri  :

Langkah pertama : dongkrak sasis mobil dibagian roda yang bermasalah balljointnya. Biarkan posisi roda terjuntai menggantung. Jangan lupa aspek keamanan diperhatikan , pastikan posisi dongkrak berada pada kondisi yang aman. Kemudian  lepas roda/ban nya. Lepas sambungan tierod pada knuckle , lanjut melepas baut stabilizer yang ada pada lower arm , terakhir lepas sambungan knuckle dengan shocbreaker. Ada tiga sambungan/joint pada ujung lower arm/ball joint. Terakhir adalah melepas pangkal lower arm dari dudukannya dipalang besi besar di bawah lantai mobil dengan melepas baut mur  as nya. Proses pelepasan lower arm/balljoint berjalan dengan baik.








Langkah kedua : adalah melepas sambungan knuckle dengan  balljoint/lower arm. Melepasnya cukup mudah , kendorkan mur ball joint hingga sama datar dengan ujung tangkai balljoit, kemudian pukul mur tersebut hingga ball joijnt terlepas dari knuckle. Setelah terlepas ,  masukkan kembali knuckle pada balljoint yang baru,  kencang kan bautnya dan jangan lupa pasang juga pin pengamannya. Lanjut dengan memasang lower arm/balljoint terlebih dahulu pada dudukannnya di besi palang di bawah lantai mobil, baru kemudian disambungkan dengan shocbreaker . Pasang kembali sambungan link stabilizer dan tierod pada knuckle. Setelah semua sambungan dirasa sudah kuat, pasang kembali roda depan dan dongkrak sasispun bisa diturunkan.






          Proses penggantian balljoint/lower arm berjalan dengan baik, dan saat dialakukan tes jalan di jalan yang berbatu , suara suara yang dirasa cukup mengganggu selama ini tidak terdengar lagi.

            Demikianlah sedikit share proses penggantian balljoint/lower arm yang blogger lakukan sendiri. Semoga bermanfaat.

 

 Kata kata bijak :

“ Seperti bapa sayang kepada anak anaknya, demikian TUHAN sayang kepada  orang orang yang takut akan Dia” Mazmur/Zabur Nabi Daud 103:13

 “ Siapa menyesatkan orang jujur ke jalan yang jahat akan jatuh ke dalam lobangnya sendiri, tetapi orang-orang yang tak bercela akan mewarisi kebahagiaan”. Amsal Nabi Sulaiman 28:10

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar