Weekend ini, blogger cukup direpotkan dengan
banyaknya alat alat rumah tangga milik
blogger yang mengalami kerusakan, mulai dari kerusakan mobil, mesin cuci , serta hilangnya hampir seluruh
siaran TV Parabola yang disebabkan oleh bergesernya antena parabola akibat diterjang angin, serta kebocoran pada bak
mandi. Bingung juga harus dimulai dari
mana perbaikannya.
Blogger berencana memperbaiki mobil
terlebih dahulu . Pada mobil carry milik blogger, kerusakan terletak pada system
pengereman/brake. Setelah itu dilanjutkan dengan perbaikan mesin cuci, karena mesin cuci masih bisa dipakai walupun
terkadang ngadat bagian pencucinya,
selanjutnya sore hari blogger berencana melakukan pembetulan antena
parabola, mengingat sore hari matahari sudah tenggelam, sehingga tidak
tersengat oleh panas matahari saat mengotak atik antena parabola di atas rumah .
Mudah mudahan 3 project blogger di weekand ini bisa clear satu hari.
Permasalahan pada system pengereman pada mobil milik blogger adalah terjadi kekosongan tekanan pada pedal rem, saat diinjak pedal rem mentok pada lantai
mobil. Kejadian ini terjadi dua minggu lalu, disaat mobil dipanaskan, dan ketika
hendak dijalankan dan melakukan pengereman teryata rem blong.
Di coba melakukan bledding/buang
angin, ternyata tidak banyak membantu.
Pengereman hanya terjadi ketika pedal
rem diinjak 2-3 kali. Terpaksa mobil
dijalankan dengan extra hati hati, untung saja perjalanan tidak terlalu jauh,
hanya beberapa puluh kilometer saja. Kalau perjalanan jauh bisa bisa nyawa taruhannya.
Blogger mencoba mengecek bagian roda,
siapa tahu terdapat kebocoran minyak rem, tetapi tidak ditemukan adanya
kebocoran. Minyak rem pada tabungnya tidak berkurang.
Ada kemungkinan seputaran master kit
rem mulai bermasalah, dan perlu penggantian , harganya tidak seberapa, hanya
beberapa puluh ribu rupiah. Tapi jika master remnya yang kena, hemmmm….dalam
juga nih pengeluaran. Harga master rem mobil cukup mahal , paling minimal
harganya 400-500 ribu , belum termasuk ongkos pasang, semakin mahal jenis mobil, semakin mahal harga
master remnya
Seperti biasa blogger akan mencoba
melakukan perbaikan sendiri / Do It Your Self. Sebelum melakukan perbaikan pada master rem, blogger
mencoba mencari referensi tentang
cara perbaikan master rem mobil carry, karena blogger sendiri belum pernah
melakukan perbaikan master rem mobil, baru sebatas perbaikan master rem motor, namun tidak ditemukan tentang cara memperbaiki
master rem carry, baik di website/blog maupun di youtube.
Yang ditemukan hanya perbaikan master
rem sejenis mobil kijang/xenia. Untuk perbaikan master rem kijang/xenia tidak
terlalu sulit, dikarenakan posisi master rem nya terletak di bawah kap mobil.
Tinggal buka kap mobil, master rem pun bisa langsung di copot. Tapi untuk type
carry, letak master remnya berada di bawah dashboard dan steer.
Untuk mengambilnya terpaksa harus
buka dashboard dan steer mobil terlebih dahulu. Cukup ribet, dan blogger nggak yakin bisa melakukannya. Tapi nggak ada salahnya di
coba dahulu.
Setelah dipelajari letak baut baut pada
dashboard, dapat diambil kesimpulan , untuk membongkar dash board tidak sesulit
yang blogger bayangkan. Sepertinya pihak pabrikan sudah mengantisipasi, jika terjadi gangguan pada system pengereman
dan juga wipper/kipas hujan, proses pembetulannya
tidak terlalu sulit sekalipun harus membongkar dashboard.
Sebelum membongkar dashboard mobil,
yang harus dilakukan adalah mencopot roda kemudi/steer terlebih dahulu. Caranya
adalah , buka tutup kemudi/steer yang berfungsi sebagai tombol klakson, setelah
tombol klakson dilepas akan terlihat baut 17 yang berfungsi mengikat roda
kemudi/steer dengan as steer. Buka baut
tersebut dan cabut roda kemudi/ steer. Baru dilanjutkan dengan membongkar
dashboard.
Ada 3 baut yang menyatukan dashboard dengan body depan mobil, semuanya terletak dibawah kaca depan
mobil, copot baut tersebut . Terdapat
pula dua ( 2 ) baut terletak dikiri
kanan bagian dalam dashboard, baut ini
cukup dikendorkan saja . Selain itu terdapat pula dua ( 2 ) baut yang terletak
persis di depan selongsong steer yang juga
harus dilepaskan. Agar bisa melepaskan 2
baut yang terletak di belakang selongsong steer ini, terlebih dahulu selongsong
steer harus digeser. Caranya baut baut
yang mengikat selongsong steer ( 2 atas, 2 bawah ) harus dilepas, barulah selongsong
steer bisa digerakkan ke kiri kekanan, atau maju mundur.
Setelah proses diatas selesai,
copot kabel speedometer dari bawah dashboard, copot juga tabung minyak rem yang
menyatu di dashboard, baru dashboard bisa digeser, dan terlihat sudah master
rem mobil carry 1.0. Lepaskan saluran minyak rem dari tabung minyak rem
menuju master rem , siapkan plastic, dan masukan selang minyak rem kedalam
plastic agar minyak rem tidak berceceran kemana mana. Lepaskan pula saluran
minyak rem yang menuju roda yang berbentuk pipa besi yang kecil. Copot master rem dengan terlebih dahulu
melepaskan dua buah baut yang mengikatnya dengan bosster rem.
Setelah master rem berhasil
dicopot, barulah master rem dibongkar dan di cek komponen di
dalamnya serta dibersihkan. Biasanya banyak kotoran seperti lumpur didalam silinder master rem. Cek karet sealnya, apakah memang perlu diganti, termasuk per-per di
dalamnya.
Pada master rem milik blogger,
nampaknya hanya karet sealnya saja yang perlu diganti, inipun sepertinya masih
cukup bagus, tetapi karena sudah dibongkar, yah sebaiknya ganti saja seal
karetnya, harganya tak seberapa. Kondisi silinder master rem pun masih bagus , tidak ada goresan
atau baret.
Sesudah master rem diperbaiki dan
dibersihkan, pasang kembali master rem ke posisi semula, seperti kita
membongkarnya tadi. Selanjutnya pasang kembali dashboard dan steeer.
Kali ini blogger juga melakukan
flushing/menguras minyak rem baik yang ada di tabung maupun yang ada di pipa
pipa saluran minyak rem. Blogger melakukannya dengan membuka salah satu nepel
buang angin pada roda depan dan roda belakang. Semua minyak rem mengalir keluar
saat nepel dibuka. Injak injak pedal rem
agar sisa sisa minyak rem terdorong
keluar. Baru dilanjutkan dengan mengunci nepel buang angin yang tadi dibuka,
dan mengisi tabung minyak rem hingga penuh. Lanjutkan dengan proses
bledding/buang angin. Prosses bledding/buang angin bisa anda baca di.https://polindesmuarakasih.blogspot.co.id/2015/05/buang-anginbleeding-rem-mobil.html
Setelah semua prosses selesai
dilaksanakan, terasa bahwa system pengereman
telah berfungsi kembali. Dalam
petunjuk tehnis perawatan mobil, dalam periode tertentu disarankan bagi pemilik
mobil untuk melakukan flushing atau menguras minyak rem dan menggantinya dengan
yang baru, agar sistem pengereman selalu terjaga. Ada kemungkinan pada jangka
waktu tertentu, struktur kimia minyak rem berubah , baik karena proses oksidasi maupun
diakibatkan masuknya kotoran kotoran pada saluran rem, sehingga mempengaruhi
sirkulasi minyak rem tersebut.
Ok friend, proses perbaikan rem
mobil sudah selesai, waktu menunjukkan jam 15.00 WIB, tak lanjutkan dengan
perbaikan mesin cuci. Setelah dilakukan pengecekan, nampaknya bagian timer nya yang kembali rusak, dan
setelah diganti baru, semuanya berjalan
normal. Waktu baru menunjukkan jam 16.00 WIB, istirahat dahulu sebentar
menunggu jam 17.00 WIB, dimana matahari mulai terbenam.
Waktu sudah menunjukkan jam 17.00
WIB, lanjut dengan perbaikan antena parabola. Antena parabola milik blogger masih model
lama, ukuran 10 feet, LNB tunggal. Karena
ukurannya besar, 10 feet , maka proses
pencarian sinyal satelit tidak terlalu sulit. Hanya beberapa kali geser,
selesai dah.
Si kecil ku pun senang sekali, bisa bertemu kembali dengan sahabatnya Upin Ipin,Sopo Jarwo, Tayo, Chungington, dll, wkwkwkwk.... SALAM.
Tulisan lainnya :
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2017/06/sebuah-lagu-berjudul-muaro-batang-empu.html
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2017/07/mengenal-mineral-mikro-iodium.html
Si kecil ku pun senang sekali, bisa bertemu kembali dengan sahabatnya Upin Ipin,Sopo Jarwo, Tayo, Chungington, dll, wkwkwkwk.... SALAM.
Tulisan lainnya :
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2017/06/sebuah-lagu-berjudul-muaro-batang-empu.html
http://polindesmuarakasih.blogspot.com/2017/07/mengenal-mineral-mikro-iodium.html
Kata kata bijak :
"Mintalah,
maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka
pintu akan dibukakan bagimu. Karena
setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan
setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu
yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika
ia meminta ikan ? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik
kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu ( Allah ) yang di sorga! Ia akan memberikan
yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." Matius 7 :7-11
"Ingatlah, jangan kamu melakukan
kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian,
kamu tidak beroleh upah dari Bapamu ( Allah )yang di sorga.” Matius 6 :
1
Makasih Mas...🙏🙏
BalasHapus