Post By Hotman
Silitonga
Memilikki sepeda motor yang usianya
mulai tua bagi sebagian orang merupakan suatu hal yang jenuh dan membosankan. Sepeda motor yang sudah tua identik dengan ketinggalan
jaman, mesin yang mulai rewel , menuntut perawatan extra, dan terkadang cukup
menguras kantong .
Bagi orang yang keuangannya
berkecukupan , motor motor yang mulai tua ini bisa langsung dijual dan menggantinya dengan yang baru, yang lebih
futuristic, canggih, lebih keren dan
bergengsi tentunya.
Lalu bagaimana dengan mereka yang
kantongnya pas pasan seperti blogger yang hanya pegawai rendahan. Mo ganti baru, nggak ada uang,… yah…mungkin yang bisa dilakukan adalah melakukan sedikit modifikasi agar tidak
membosankan dan tidak terlihat ketinggalan jaman, dan inipun kalau uangnya ada .
Kebetulan kali ini blogger memilikki
uang nganggur sebesar 200 an ribu rupiah. Rencananya blogger mo mencoba melakuka
sedikit memodifikasi pada motor blogger, Jupiter Z tahun 2005, agar sedikit
terlihat fresh.
Dengan uang 200 an ribu rupiah dapat
apa sih peralatan sepada motor ini , mengingat cukup banyak bagian dari sepeda
motor ini yang sudah waktunya harus diganti, terutama cover body. Cover body
motor ini sudah mulai pudar warnanya serta ada bagian tertentu yang retak/pecah.
Cover body motor cukup mahal harganya, walau sekilas hanya terbuat dari material
plastic fiber. Untuk kwalitas bagus , cover body fullest bisa mencapai jutaan rupiah.Sementara blogger cuma punya
uang 200 ribuan saja…wkwkkwk….
Blogger mencoba browsing di internet,
kira kira dengan uang 200 ribuan alat apa saja yang bisa blogger milikki agar
dapat melakukan sedikit modifikasi pada
motor ini.
Hasil browsing di internet dengan
uang 200 ribuan cukuplah untuk membeli satu set master rem atas model tabung
dan disk brake lebar 30 Cm. Kayaknya cukup bagus kalau dipasangkan pada Jupiter
Z jadul milik blogger. Dari aspek keamanan, modifikasi ini tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan
dalam berkendara. Dan akhirnya blogger memutuskan untuk membeli dan mengganti sendiri master
rem atas serta disk brakenya.
Untuk mengganti disk brake motor ini
cukup mudah, copot ban depan sepeda motor, buka dan lepaskan baut pengikat disk
brake menggunakan kunci L. Copot disk lama dan
pasang disk brake baru dan bautnya. Kemudian copot master rem bawah/kepala
babi serta , pasang adapter kepala
babi/master rem bawah yang disertakan
saat membeli disk brake lalu pasang kembali master rem bawah.
Selanjutnya memasang master rem atas. Buka
batok kepala sepeda motor , lepaskan baut pengikat selang rem dari master rem
atas, siapkan wadah minyak rem agar tidak berceceran saat selang dilepas.
Lepaskan pula baut pengikat master rem dengan stang/kemudi sepeda motor .
Pasang master rem atas yang baru, sebelumnya kencangkan semua baut baut yang
ada pada master rem. Sambungkan selang minyak dengan master rem yang baru
dengan baut yang tadi digunakan, lalu isi tabung dengan minyak rem. Lalu
lakukan bleeding/buang angin minyak rem.
Pasang kembali batok kepala motor.
Untuk memasang kembali batok kepala sepeda motor cukup sulit karena master rem
menganjal batok kepala sepeda motor. Solusinya plastik batok kepala yang
terganjal oleh master rem di buang dengan cutter. Untuk memasang baut batok, cukup sulit juga, salah
satu solusinya adalah menggunakan kabel
ties. Selesai sudah pemasangan disk brake dan master rem atas sepeda motor ini
. Lumayanlah hasilnya. Paling tidak nih motor yang usianya 14 tahun saat ini terlihat
seperti berusia 12 tahun. Dua tahun lebih muda…wkwkwkwk….SALAM.
Kata
kata bijak :
“ Jalan TUHAN adalah perlindungan bagi orang
yang tulus, tetapi kebinasaan bagi orang yang berbuat jahat.”Amsal
10:29
“Ada orang yang lancang
mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan
kesembuhan ‘. Amsal 12:18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar