Jumat, 06 Februari 2015

Wah..POLINDESKU Dikelilingi Penderita Batuk Darah/TBC

        Dua minggu yang lalu seorang tetanggaku meninggal dunia.Sebelum meninggal salah seorang keluarganya memanggilku untuk melihatnya.Jaraknya hanya 50 meter dari kediamanku.Terlihat si Pasien dalam kondisi lemah,ada Waskom beserta kain lap yang penuh darah disana.
       Tak ada yg bisa kuperbuat,kucoba untuk mengukur tekanan darahnya.Tinggal 90/70mmhg.Sudah dua hari si pasien batuk disertai darah.
      Si pasien pernah mendapat obat paket.Besar kemungkinan tidak patuh meminum obat.
Kusarankan agar segera dirujuk ke Rumah Sakit.Jika tidak ada uang,ku sarankan menggunakan JAMKESMAS atau JAMSOSKES/KTP.
Setelah tiga hari nyawanya tidak tertolong.
      Sebelumnya menantunya yg juga tinggal ditempat yg sama juga Positip TB.Mana hamil lagi…
Akibatnya bayi yg dilahirkan menderita Berat Badan Lahir Rendah,hanya 1,8 kg.Karena si Ibu lagi kondisi sakit akhirnya si bayi disusui oleh saudara sepupu si ibu yg kebetulan mempunyai bayi juga..Sebelumnya tetangga depan rumah juga postif TB,Tetangga Belakang Rumah juga dulunya penderita TB,tetangga samping kanan polindes selang satu rumah juga dahulunya penderita TB.Untung sebelah kiri polindesku nggak ada rumah alias kebun.Kalau dipikir2 terkadang ngeri juga,apalagi daerah ini kawasan bermain anakku.Tak ada yg bisa kuperbuat kecuali perilaku hidup sehat.
       Secara umum kondisi rumah penderita juga mendukung berkembang biaknya bibit penyakit ini.Rumah2 mereka pada umumnya kurang mendapatkan sinar matahari langsung.
Secara teori bakteri/kuman penyebab TBC ini akan mati dengan sendiri melalui penyinaran oleh matahari beberapa jam saja.
        Kalau dirunut ...ujung2nya menyangkut masalah sosial ekonomi...kalau sudah seperti ini...rasanya bukan bukan tugasku lagi...wkwkwkw...✋ 

Kata Kata Bijak :
  " Siapa menghina sesamanya berbuat dosa, tetapi berbahagialah orang yang menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita. "AMSAL 14:21

" Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban, kalau ia sendiri berseru-seru". Amsal 21:13


                                                                                  
Bayi yg dilahirkan dari ibu menderita TB paru,Lahir 1,8 kg saat ini 3,8 kg setelah 4 bulan.Dah cukup baik



Beginilah lingkungan sekitarku



Kawasan bermain sikecilku




Tidak ada komentar:

Posting Komentar