Post By Hotman
Silitonga
Akhir akhir ini ada sedikit
permasalahan pada starter mobil blogger, Suzuki Carry PV 1.0. Saat di starter
lampu indicator di dashboard sedikit meredup tapi dynamo starter tidak
berputar. Biasanya saat mo distarter memang lampu indicator meredup bahkan
seperti mo mati tapi diikuti dengan perputaran dynamo starter , tapi kali ini tidak.
Setelah beberapa kali kunci kontak di putar baru ada reaksi dynamo starter
berputar
Menjelang Natal kemarin penyakitnya kumat
kembali, mobil tidak bisa di starter dan akhirnya didorong :D , untung masih banyak
orang di gereja. Tapi kata kata mereka
yang blogger nggak tahan “ udahlah,
gantilah dengan mobil yang baru “ :D .
Karena penasaran, keesokan harinya
blogger mencoba untuk melakukan pengecekan,
apa sih penyebab dynamo starter mobil ini nggak mo berputar. Aki / baterai baru diganti 6 bulan lalu, jadi
nggak mungkin permasalahannya pada aki, indicator pada aki juga menunjukkan
strom aki masih bagus. Socket socket aki sudah di cek dan bagus.
Diagnosa sementara blogger adalah
suspect malfungction pada selenoid dynamo starter. Seharusnya pada saat
distarter terdengar bunyi “klik” pada dynamo starter akibat pergerakan solenoid
starter . Selenoid starter ini mempunyai dua fungsi yaitu mendorong keluar
masuk gigi bendik dynamo starter serta
menyambung dan memutuskan arus positive dari aki/baterai ke dynamo starter . Tidak adanya Bunyi “Klik”
ini, pertanda solenoid starter tidak berfungsi dan secara otomatis arus
positive dari baterai ke dynamo starter tidak ada, so pasti dynamo starter tidak
berputar.
Blogger mencoba menjumper arus positive aki yang menuju solenoid dynamo starter dengan arus
positive langsung dari aki. Kabel dari kunci kontak menuju solenoid starter
dilepas , kemudian kabel dari positif aki blogger jumper ke socket dari kunci
kontak yang dilepas tadi pada solenoid starter. Hasilnya terdengar bunyi
“Klik”pada dynamo starter dan dynamo pun berputar.
Dari hasil uji coba diatas
diketahui, ternyata permasalahannya
bukan pada solenoid dinamo starter. Permasalahannya adalah kemungkinan suplai
arus listrik yang tidak mencukupi untuk mengaktifkan solenoid starter.
Langkah selanjutnya blogger memeriksa dan
membersihkan semua socket kabel dari kabel positif aki dari aki/baterai menuju kunci kontak
mobil. Semua kotoran dan socket socket
yang karat dibersihkan dan bila perlu diganti dengan socket yang baru. Masalah kabel / kelistrikan pada mobil memang
terkadang cukup memusingkan. Terutama pada mobil mobil yang sudah mulai tua.
Tetapi karena teknologi mobil ini masih sangat sederhana, tidak terlalu banyak
piranti elektroniknya , untuk pengecekannya tidak terlalu rumit.
Setelah pengecekan kabel dan socket
selesai lanjut dengan uji coba menstarter mobil. Hasilnya belum ada perubahan,
lampu indicator sedikit meredup tapi tidak terdengar bunyi”Klik” pada dynamo
starter dan dynamo starter pun tidak
berputar.
Dari beberapa langkah yang telah blogger
lakukan diatas, blogger menyadari bahwa diagnosa
yang telah blogger lakukan salah . Penyakit mobil ini yaitu suspect malfunction kunci kontak/ kunci kontak tidak berfungsi
normal. Arus dari aki ke kunci kontak
bagus, tapi dari kunci kontak ke solenoid starter lemah.
Bloggerpun membongkar kunci kontak mobil yang ada di
bawah stir mobil. Box dibawah stir mobil dimana kunci kontak berada di lepas
kemudian kunci kontak dicopot setelah sebelumnya socket kabel kunci kontak
dilepas.
Harga kunci kontak mobil ini di toko
tidak terlalu mahal, kisaran 50-75 ribu tapi kayaknya non original. Sementara
kunci kontak yang bermasalah ini original bawaan mobil. Sebelum menggantinya
dengan yang baru blogger mencoba membongkar dan memperbaiki kunci kontak ini
siapa tau masih bisa diperbaiki karena kunci kontak ini masih original.
Terlihat ada 3 coakan pada bodi belakang
kunci kontak ini yang berfungsi menahan/mengunci PCB pin pin dari kabel kontak. Coakan blogger
dorong keluar sehingga rata dengan lingkaran rumah kunci. Setelah semua coakan
didorong keluar dengan obeng plus, maka
PCB pin pin kabel kunci kontak dapat di tarik ke luar dan terlihat permukaan
pin pin kontactornya dah pada kotor.
Kemungkinan kotoran inilah yang menjadi penyebab arus menuju solenoid starter
lemah. Setelah semua dibersihkan dengan ampelas halus PCB kabel kunci kontak
dimasukkan lagi pada tempatnya. Hati hati jangan sampai terbalik, kalau
terbalik mobil nggak hidup, dan bisa bisa kunci juga sulit berputar.
Setelah dibersihkan , kemudian kunci
kontak dipasang kembali pada tempat semula dan lakukan tes starter , terdengar
bunyi “klik” pada dynamo starter saat kunci kontak di starter , tapi dynamo
starter belum berputar, kemudian lanjut
di starter ulang kembali dan dynamo starter pun langsung berputar kencang. Mesinpun
hidup….wwkwkwkwk. Senang sekali rasanya…Salam…
Catatan : Blogger bukan
mekanik/tehnisi ya friend. Hanya sekedar hobi saja dengan dunia tehnik.
Kata
kata bijak :
“ Segala perkara dapat
kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku”.
Filipi 4 : 13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar