Post by Hotman Silitonga
Pada
mobil-mobil yang sudah berumur diatas 5 tahun,serta dengan jam terbang yang
cukup tinggi,penggantian Cross Joint adalah hal yang biasa.Cross Joint atau ada
yang menyebutnya cangkah empat,dikarenakan bentuknya mempunyai empat
cangkah/cabang,termasuk salah satu komponen fast moving dan rentan mengalami
keausan.
Biasanya pada
mobil berpenggerak roda belakang, antara gear box dan gardan dihubungkan oleh
bohel/propeller shapt.Antara sambungan bohel dengan gear box dan gardan
terdapat cross joint.
Akibat umur
yang udah tua dan pemakaian yang udah diatas 150 ribu KM,cross joint pada mobil
Carry 1.0 jadul milikku udah mulai
aus dan minta diganti.
Deteksi awal
kerusakan adalah ketika dikendarai mobil ini terasa ada getaran halus pada
mobil, saat mobil melaju di jalan yang
mulus.Ketika mobil berjalan pelan saat mo parkir terdengar bunyi ting-ting-ting,tapi
suaranya masih pelan.
Awalnya agak
bingung juga menentukan dimana lokasi asal suara,tapi yang jelas sumber suara
berasal dari kolong mobil.
Iseng-iseng saat parkir di rumah saat ngolong
ke bawah mobil,dan menggoyangkan bohel mobil dan memukulnya keatas,ternyata
betul sambungan pada cross joint sudah goyang,dan berbunyi saat bohel di
pukul-pukul ke atas.
Ya udah,langsung beli sparepartnya.Nggak mahal
cuma 40 ribu perak,suku cadang generic berlogo✋
Langkah pertama yang dilakukan adalah melepaskan empat buah baut yang menghubungkan
bohel dengan gardan.Kemudian cabut bohelnya,bawa ketempat terang untuk di
kerjakan.
Pada bengkel besar pengantian bisa
berlangsung cepat,dengan catatan jika bengkel itu mempunyai alat press.
Tapi untuk kasus mobil saya,saya memutuskan untuk mengganti
sendiri saja/Do it your self.Rasanya ada yang kurang sehat di badan ini kalau
sebulan nggak bersentuhan dengan tang,kunci-kunci dan oli👍.
Untuk melepaskan cross joint terpaksa kita
main ketok/pukul,karena saya nggak punya alat press.Mo beli harganya mahal.Saya
menggunakan mata kunci shok sebagai alat bantu
untuk mengeluarkan crossjoint dari dudukannya.
Kalau anda punya gerinda tangan listrik,langsung cincang
saja tuh cross joint.Baru kemudian ketok,lebih mudah mengeluarkannya.
Setelah crossjoint berhasil
dikeluarkan,lanjutkan dengan memasang yang baru.Memasangnya harus hati hati,
tidak bisa secara bersamaan,harus per-bagian.Memasukannya juga main ketok,dan
juga harus hati-hati karena terdapat semacam laher bambu di dalam setiap ujung
crossjoint,dan bisa buyar saat kita ketok.
Disini otak
kita semacam diajak berfikir,bagaimana cara memasang kembali cross joint.
Setelah berhasil dipasang,jangan lupa pasang kembali snap
ring penguncinya.Pasang kembali bohal ke gearbox dan gardan.Lanjutkan dengan
tes jalan…Dan sepertinya penggantian yang dilakukan berjalan sukses..
Kata kata bijak :
“ Orang yang tidak berakal budi ialah dia yang membuat persetujuan,
yang menjadi penanggung bagi sesamanya”.Amsal 17:18
“ Kuda diperlengkapi untuk hari peperangan, tetapi kemenangan ada di
tangan TUHAN”. Amsal 21:23
Tidak ada komentar:
Posting Komentar