Kebetulan
hari ini lagi ada waktu dan lagi ada mood untuk mengeceknya.
Kata orang sih “Nyawa Penumpang Ada Di Tangan Supir “.Ini
artinya nyawa my boss dan anakku ada di tanganku yang mengemudikan mobil.
Bagiku mengotak atik mobil merupakan hiburan
tersendiri,kalaupun bermasalah nantinya paling juga bawa ke bengkel :D .
Cara
yang umum dilakukan untuk melakukan pengecekan roda mobil adalah dengan
mendongkrak mobil dan mengeceknya satu
persatu.Jangan lupa Safety First/Utamakan Keselamata.
Dongkrak mobil kemudian putar roda mobil sambil dengarkan
suaranya.Jika terdengar suara yang kasar/menderu saat roda diputar ada
kemungkinan bearing/laher mulai bermasalah.Kemudian pegang ban mobil pada
possisi jam 9 dan jam 3 goyang goyang roda,lanjutkan pada posisi jam 12 dan jam
6.Jika terdapat spelling kemungkinan
laher/bearing rusak bertambah kuat.
Pada
roda belakang saat memutar roda letakkan salah satu tangan pada shockbreker atau per
mobil rasakan getaran saat roda diputar.Kalau tidak ada getaran berarti masih
bagus,tetapi kalau ada getaran kasar/bunyi gemuruh berarti peluru/kacangan laher/bearing
sudah ada yang aus.
Pada roda depan, jika spelling terjadi pada jam 3 dan 9
perlu pengecekan lebih teliti lagi bisa jadi ini gangguan pada bola-bola/Tierod
atau Balljoint.
Hasil
pengecekan pada mobil jadul sejuta umat milikku ,salah satu bearing roda
depan bermasalah,yaitu di bagian sopir/kanan.Terjadi spelling pada posisi jam 6
dan 12.Spellingnya masih dikit dan sebenarnya masih bisa dipakai beberapa bulan
kedepan,tetapi mengingat harga sukucadangnya tidak mahal dan mudah dalam penggantian maka
diputuskan ganti baru aja daripada repot ditengah jalan nantinya.
Langkah Penggantian :
- -
Dongkrak dan lepaskan ban mobil.
- -
Buka tutup dop as roda depan,buka mur as roda.
Melepaskan Rem cakram,mur as roda depan dan tromol
- -
Buka rem cakram,ada dua baut yang terdapat pada
rem tersebut,dan lepaskan dari tromol.
- -
Cabut tromol roda depan.Pada tromol ada dua
bearing/laher, sama dengan tromol sepeda motor,hanya
saja bearing bagian luar
dan dalam tidak sama ukurannya.
- -
Penggantian bearing/laher selanjutnya sama
dengan penggantian bearing sepeda motor,main ketok saja boss.
-
- Setelah diganti pasang kembali,…cara memasangnya
kebalikan dari langkah membukanya….
Biaya yang dikeluarkan Rp 40.000 untuk pembelian satu set
bearing/laher roda kanan + 1 gelas es tebu :D .
Lama pengerjaan -/+ 1 jam.
Part yang diganti
Catatan :
Saya bukan mekanik ya friend..Cuma menuliskan sebuah
pengalaman saja :D
Cara kerja mobil bisa berbeda antar berbagai jenis dan
merek.
Kata-Kata Bijak :
“ Juga oleh temannya orang miskin itu dibenci, tetapi sahabat orang
kaya itu banyak”.AMSAL 14:20
“ Saudara yang dikhianati lebih sulit dihampiri dari pada kota yang
kuat, dan pertengkaran adalah seperti palang gapura sebuah puri.”AMSAL
18:19
Tidak ada komentar:
Posting Komentar